Cara Menanam Sirsak Dalam Pot

Dari berbagai macam jenis tanaman buah yang dapat ditanam dalam pot atau tabulampot salah satunya adalah tanaman buah sirsak.

Buah sirsak ( Annona Muricata L ) merupakan salah satu buah yang cukup banyak diminati oleh masyarakat. Buah sirsak ini sering dijadikan olahan jus maupun dikonsumsi secara langsung.

Nah jika Anda juga menyukainya, tidak ada salahnya untuk membudidayakannya sendiri, mengingat budidaya tanaman sirsak ini cukup mudah dilakukan. Bahkan selain dapat ditanam langsung di lahan, dapat pula ditanam dalam pot sebagai tabulampot atau tanaman buah dalam pot.

Untuk mengetahui bagaimana cara menanam sirsak dalam pot, berikut ini kami ulas penjelasan selengkapnya.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit sirsak dapat diperoleh melalui pembibitan secara generatif atau dengan menanam bijinya, dan juga pembibitan secara vegetatif seperti okulasi, sambung pucuk dan cangkok.

Pohon sirsak yang ditanam dari biji, tinggi pohon sirsak nantinya bisa mencapai 10 meter dan masa produksi buah berlangsung ketika tanaman berumur 4-5 tahun. Sementara itu bibit yang berasal dari okulasi atau cangkok, ketinggian pohon hanya mencapai 3-5 meter dan tanaman sudah belajar berbuah ketika berumur 2-3 tahun.

Dan untuk penanaman dalam pot sebaiknya menggunakan bibit hasil perbanyakan secara vegetatif seperti sambung pucuk/grafting, okulasi dan juga cangkok.

Sedangkan bibit tanaman sirsak yang ditanam dari biji, biasanya tidak langsung ditanam pada lahan atau pot, namun setelah bibit cukup umur yaitu kurang lebih 6 bulan, bibit tersebut dapat digunakan sebagai batang bawah pada pembibitan vegetatif seperti okulasi dan sambung pucuk.

Untuk mengetahui cara pembibitan dan sambung pucuk tanaman sirsak, dapat dibaca pada artikel kai sebelumnya, Cara Menanam Sirsak dari Biji dan Cara Sambung Pucuk Sirsak.

PERSIAPAN POT DAN MEDIA TANAM

Untuk menanam sirsak, pilihlah pot yang berukuran besar dengan diameter kurang lebih 40 cm.

Setelah pot siap, selanjutnya isi dengan media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, sekam bakar dan sekam mentah dengan perbandingan 2:1:1:1. Sebelum memasukkan media tanam ke dalam pot, terlebih dahulu masukkan pecahan genteng atau batu bata 1 lapis saja pada dasar pot, lalu masukkan media tanam tersebut ke dalam pot hingga ketinggian setengah pot saja.

PENANAMAN

Buka polybag bibit, namun lakukan dengan hati-hati, usahakan media tanam dalam polybag tersebut tidak pecah atau hancur, karena media tersebut berfungsi sebagai bahan makanan awal sampai akar tanaman sirsak menjulur dan beradaptasi. Masukkan bibit pot dan tutup dan tambahkan dengan media yang sama hingga ketinggian 2 cm dibawah bibir pot, sedikit padatkan agar bibit erat tertanam, kemudian siram secukupnya.

Setelah penanaman selesai letakkan tanaman sirsak dalam pot tersebut di tempat teduh terlebih dahulu selama 1 minggu untuk adaptasi tanaman, dan setelah itu bisa diletakkan di lahan terbuka dengan penyinaran matahari namun lakukan secara bertahap.

Demikian ulasan mengenai cara menanam sirsak dalam pot, adapun mengenai cara perawatan tanaman sirsak, akan kami ulas pada artikel berikutnya. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman sirsak ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Romantika Populer

Bacaan Terkait