Serai atau sereh adalah tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan.

Minyak serai adalah minyak atsiri yang diperoleh dengan jalan menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir (repelen) nyamuk, baik berupa tanaman ataupun berupa minyaknya. Kandungan serai antara lain adalah sitronela, yang tidak disukai oleh nyamuk. Maka dari itu, serai dapat dibuat menjadi obat nyamuk dan serangga lainnya. (Wikipedia)

Budidaya tanaman serai tergolong mudah dan tidak memerlukan perawatan khusus.

Tanaman serai selain dapat ditanam langsung pada lahan yang luas dapat pula ditanam pada karung dan di letakkan di pekarangan sekitar rumah anda, sehingga kebutuhan serai keluarga dapat anda cukupi melalui tanaman yang anda tanam sendiri.

Jika anda tertarik untuk menanamnya, berikut ini Cara Menanam Serai dalam Karung.

SIAPKAN BIBIT

Bibit serai dapat diperoleh dari serai konsumsi yang dibeli di pasar, atau jika ingin mendapatkan bibit tanaman serai yang berkualitas dapat dibeli di SentraTani.com. Caranya yaitu, sebelum serai yang dibeli dari pasar ditanam, terlebih dahulu potong pangkal batang/bonggolnya sepanjang 3-4 cm saja, sehingga bagian batang atasnya masih bisa dikonsumsi. Meskipun serai yang dibeli di pasar biasanya bonggol telah dibersihkan dari akar, akan tetapi tetap akan bisa tumbuh.

Rendam pangkal batang/bonggol serai ke dalam air biasa atau bisa juga ditambahkan ZPT agar hasilnya lebih maksimal. Rendam bonggol serai dengan posisi berdiri sehingga hanya bagian bawah bonggol saja yang terendam, jangan sampai tenggelam.

Perendaman dilakukan selama kurang lebih 3 hari hingga muncul akar dan tunas-tunas baru.

 

SIAPKAN MEDIA TANAM

Media tanam yang digunakan untuk menanam bibit serai tersebut adalah tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, aduk dan campurkan hingga merata, masukkan ke dalam karung, cukup seperempatnya saja, dan sisanya dilipat ke bawah, karena karung ini merupakan media penanaman sementara, kemudian siram hingga merata.

TAHAP PENANAMAN

Tanam bibit serai yang telah bertunas pada lubang tanam yang telah dibuat sebelumnya, dalam satu karung dapat ditanami beberapa batang, akan tetapi jangan terlalu rapat, kemudian siram secukupnya, letakkan di tempat teduh.

Setelah 3 hari sejak penanaman, daun yang tumbuh sudah semakin banyak begitu pula dengan akarnya, dan itu menandakan bibit siap di pindah tanam pada karung yang lain.

TAHAP PINDAH TANAM

Media tanam yang digunakan adalah tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, aduk dan campurkan hingga merata, masukkan ke dalam karung kemudian siram hingga basah merata.

Tanam bibit pada media tersebut dengan menanam satu bibit pada setiap karung, karena tanaman serai nantinya akan berkembang menjadi banyak dalam satu rumpun. Setelah selesai penanaman kemudian ikuti dengan penyiraman. Bibit serai yang ditanam dalam karung bisa langsung diletakkan di tempat terbuka.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Serai dalam Karung, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman serai ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN