Cara Menanam Sengon

Kayu sengon dapat diolah menjadi berbagai macam furniture atau perabotan rumah tangga, bahkan kertas juga terbuat dari pohon sengon, sehingga prospek dari budidaya sengon ini sangatlah menguntungkan karena kebutuhan akan kayu sengon ini cukup tinggi.

Tanpa perlu menjelaskan keuntungan budidayanya secara panjang lebar, anda tentu sudah mengetahuinya karena sengon ini sudah cukup familiar dan banyak dibudidayakan.

Untuk mengetahui cara menanam sengon agar dapat tumbuh optimal dan sesuai harapan, berikut ini kami ulas penjelasannya.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit sengon dapat diperoleh dengan menanam bijinya yaitu dengan melakukan penyemaian terlebih dahulu. Atau bisa juga dengan membeli bibitnya yang sudah siap tanam di penangkar bibit. Pilihlah bibit yang pertumbuhannya baik sehat dan bebas dari hama penyakit. Ini penting untuk dilakukan karena dengan bibit yang baik nantinya akan tumbuh pohon sengon yang baik pula.

PERSIAPAN LAHAN

Persiapan lahan diawali dengan menentukan lokasi penanaman. Untuk lokasi penanaman ini sebaiknya dipilih lokasi yang memiliki sumber air yang terjangkau. Pastikan kondisi lahan sangat subur serta terbebas dari kandunganĀ  tanah liat. Pilih pula lahan yang memiliki akses jalan agar memudahkan pengangkutan saat panen nantinya.

Setelah lokasi lahan penanaman ditentukan, bersihkan lahan dari rumput liar dan gulma yang dapat mengganggu tanaman. Gemburkan lahan dengan cara di cangkul atau bajak agar struktur tanah menjadi lebih baik.

LUBANG TANAM

Setelah lokasi penanaman siap, langkah selanjutnya adalah pembuatan lubang tanam. Ukuran ideal lubang tanam untuk menanam bibit sengon adalah 30x30x30 cm. Tambahkan pupuk organik seperti kompos atau pupuk kandang hingga 1/3 lubang tanam

Masukan tanah galian diatas pupuk hingga lubang penuh, kemudian aduk hingga merata.

Jika menanam sengon lebih dari satu pohon, jarak tanam perlu untuk diperhatikan untuk memperoleh jarak tanam yang ideal sehingga pertumbuhan tanaman dapat optimal. Adapun jarak tanam sengon yang ideal adalah 2×3 meter.

Pengaturan jarak tanam ini selain untuk menjaga intensitas sinar matahari, juga karena saat sengon tubuh tinggi dan besar masing-masing cabang akan bersinggungan, Nah, apabila jarak terlalu rapat maka pohon sengon tidak dapat tumbuh optimal.

PENANAMAN

Cara penanamannya adalah dengan menggali kembali lubang tanam yang telah diisi media tanam dan pupuk sesuai dengan ukuran bibit yang akan ditanam.

Buka polybag bibit dengan hati-hati agar media dalam polybag tersebut tidak pecah dan jangan sampai merusak perakaran. Masukkan bibit pada lubang tanam secara tegak lurus, timbun menggunakan media yang sama hingga penuh. Padatkan perlahan agar bibit erat tertanam dan tidak mudah goyah.

Demikian ulasan mengenai cara menanam sengon, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih/biji sengon ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube PETANI MILENIAL TV