Cara Menanam Sawo dari Biji

Pembibitan tanaman sawo dapat dilakukan dengan berbagai metode seperti cangkok, okulasi, stek, grafting/sambung pucuk. Metode pembibitan yang telah disebutkan tadi merupakan metode pembibitan secara vegetatif. Akan tetapi pembibitan secara vegetatif ini bisa dilakukan jika tersedia tanaman induknya. Namun jika tidak tersedia tanaman induk, bukan berarti tidak bisa melakukan pembibitan. Solusinya adalah melakukan pembibitan menggunakan bijinya atau disebut dengan pembibitan secara generatif.

Nah untuk mengetahui cara menanam sawo dari biji atau pembibitan sawo secara generatif, silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

PERSIAPAN BIJI

Biji sawo yang akan ditanam dapat diambil dari buahnya. Pilihlah buah sawo kualitas unggul yang sudah benar-benar tua dan matang, karena memiliki biji dengan daya tumbuh yang lebih tinggi.

Keluarkan biji dari buahnya, pilihlah biji yang bentuknya sempurna dan tidak cacat Cuci biji hingga bersih dari lendir sisa daging buah agar tidak menimbulkan tumbuhnya jamur.

Tahapan selanjutnya adalah pemeraman biji untuk mempercepat proses perkecambahan.

Cara melakukan pemeraman adalah dengan memasukkan biji sawo dalam keadaan basah (setelah proses pencucian) ke dalam botol bekas air mineral atau wadah sejenis lainnya kemudian ditutup rapat. Letakkan botol tersebut di tempat yang teduh dengan posisi botol menyentuh tanah, tujuannya agar terjadi kontraksi suhu dengan tanah, karena suhu tanah juga akan berpengaruh pada proses perkecambahan biji.

Setelah 41 hari proses pemeraman, biji sawo sudah berkecambah, dan saat itu pula kecambah sawo siap ditanam pada media polybag.

TAHAP PENANAMAN

Tahap penanaman kecambah diawali dengan mempersiapkan media tanamnya terlebih dahulu. Media tanam yang digunakan cukup sederhana yaitu hanya menggunakan tanah murni yang subur. Masukkan media tanah tersebut ke dalam polybag, adapun ukuran polybagnya bisa menggunakan yang kecil atau sedang tergantung pada usia berapa bibit akan ditanam nantinya.

Keluarkan kecambah biji sawo dari botol pemeraman, pada usia 41 hari pemeraman sebagian besar biji sudah berkecambah dengan akar yang telah tumbuh sekitar 5 cm.

Cuci kecambah hingga bersih namun dengan hati-hati agar tidak merusak kecambah dan kecambah biji sawo siap untuk ditanam.

Buat lubang tanam pada media yang telah disiapkan dengan kedalaman lubang menyesuaikan dengan panjang akar pada kecambah. Masukkan kecambah ke dalam lubang tanam tersebut dengan posisi akar berada di bawah, kemudian tutup tanah hingga semua bagian akarnya tertutup agar tidak kering.

Letakkan polybag di tempat yang teduh, karena kecambah masih rawan kering jika terkena sinar matahari secara langsung.

Demikian ulasan mengenai cara menanam sawo dari biji, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman buah sawo ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi : Channel Youtube  KPHL SENDANG SOLEBO CHANEL

Bacaan Terkait

budidaya jambu mete

Budidaya Jambu MeteBudidaya Jambu Mete

Jambu mete (Anacardium occidentale L) adalah tanaman buah berupa pohon yang berasal dari Brasil Tenggara..j ambu mete mempunyai puluhan varietas, di antaranya ada yang berkulit putih, merah, merah muda, kuning,