Cara Menanam Pisang Kepok

Cara menanam pisang kepok yang baik dan benar agar pertumbuhan cepat, cepat berbuah dan juga buahnya besar, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, diantaranya adalah memilih bibit yang baik dari indukan yang sehat, menyiapkan lubang tanam dan pemberian perlakuan bibit anakan sebelum ditanam, berikut ini penjelasan selengkapnya.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit pisang kepok dapat diperoleh dari tunas anakan yang tumbuh di sekitar tanaman kepok pada budidaya sebelumnya dengan cara mendongkelnya.

Cara memilih dan mempersiapkan bibit anakan sebelum melakukan penanaman adalah sebagai berikut:

  1. Pilihlah bibit anakan dari tanaman induk yang sehat yaitu bibit yang terhindar dari semua jenis penyakit tanaman pisang.
  2. Pilihlah bibit yang masih berdaun pedang yaitu bibit anakan yang daunnya meski sudah mekar namun masih sempit seperti pedang.
  3. Proses pendongkelan bibit/anakan ini harus dilakukan dengan benar dan hati-hati agar bibit tidak rusak. Meskipun dikatakan mendongkel namun jangan mendongkelnya dengan cara dipaksa, karena akan merusak bibit. Caranya gali dengan sempurna hingga bibit mudah dipisahkan dari induknya.
  4. Bersihkan semua akar yang masih terdapat pada bonggol dan sebelum ditanam diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 2 hari hingga luka bekas sayatan pada bonggol benar-benar kering.
  5. Sebelum ditanam pastikan bahwa kondisi bibit benar-benar steril atau terbebas dari penyakit yang terdapat pada rumpun/indukan aslinya. Caranya adalah dengan merendamnya ke dalam larutan fungisida seperti Antracol.  Larutkan 2 sendok makan antracol ke dalam 5 liter air, aduk hingga merata dan rendam bagian bonggol pisang selama 10-15 menit, tiriskan dan tunggu hingga kering dan bibit siap untuk ditanam.

LUBANG TANAM

Lubang tanam untuk penanaman bibit pisang kepok dibuat berukuran 50x50x50 atau 40x40x40 jika bibit berukuran kecil. Yang harus diperhatikan adalah bahwa selain bibit, lubang tanam juga harus dalam kondisi steril. Caranya adalah dengan terlebih dahulu mendiamkan lubang tanam minimal selama 1 minggu sebelum proses penanaman, tujuannya adalah agar lubang tanam terpapar cahaya matahari sehingga bibit bakteri, jamur serta patogen yang merugikan bisa mati oleh sinar matahari.

TAHAP PENANAMAN

Masukkan bibit tepat di tengah lubang tanam, tutup menggunakan tanah galian lubang tersebut yang mana tanah tersebut juga sudah steril karena juga sudah terpapar cahaya matahari. Pastikan bibit tegak lurus, padatkan perlahan agar bibit erat tertanam dan tidak mudah roboh. Setelah penanaman ikuti dengan penyiraman secukupnya dan untuk menjaga kelembaban tanah terutama pada musim kemarau, berikan mulsa organik seperti jerami disekitar pangkal tanaman.

Demikian ulasan mengenai cara menanam pisang kepok, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman pisang, pestisida, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Husain _ Uche