Cara Menanam Pisang di Musim Kemarau

Pada musim kemarau sinar matahari begitu terik atau panas dan biasanya lahan pertanian cenderung kering sehingga dapat memberikan dampak buruk bagi tanaman tertentu. Lantas bagaimana dengan tanaman pisang? Apakah saat musim kemarau bisa dilakukan penanaman bibit pisang, mengingat kondisi cuaca yang demikian terik? Jawabannya adalah bisa, akan tetapi ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam proses penanamannya. Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami ulas mengenai Cara Menanam Pisang di Musim Kemarau agar bibit pisang yang ditanam dapat tumbuh, berkembang dan berproduksi secara optimal.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit pisang dapat diperoleh dari tunas anakan yang tumbuh di sekitar tanaman dengan cara mendongkelnya. Kemudian bersihkan semua akar yang masih terdapat pada bonggol dan sebelum ditanam diamkan terlebih dahulu selama kurang lebih 2 hari hingga luka bekas sayatan pada bonggol benar-benar kering.

Sebelum ditanam pastikan bahwa kondisi bibit benar-benar steril atau terbebas dari penyakit yang terdapat pada rumpun/indukan aslinya. Caranya adalah dengan merendamnya ke dalam larutan fungisida seperti Antracol.  Larutkan 2 sendok makan antracol ke dalam 5 liter air, aduk hingga merata dan rendam bagian bonggol pisang selama 10-15 menit, tiriskan dan tunggu hingga kering dan bibit siap untuk ditanam.

LUBANG TANAM

Lubang tanam untuk penanaman bibit pisang dibuat berukuran 50x50x50 atau 40x40x40 jika bibit berukuran kecil. Yang harus diperhatikan adalah bahwa selain bibit, lubang tanam juga harus dalam kondisi steril. Caranya adalah dengan terlebih dahulu mendiamkan lubang tanam minimal selama 1 minggu sebelum proses penanaman, tujuannya adalah agar lubang tanam terpapar cahaya matahari sehingga bibit bakteri, jamur serta patogen yang merugikan bisa mati oleh sinar matahari.

TAHAP PENANAMAN

Masukkan bibit tepat di tengah lubang tanam, tutup menggunakan tanah galian lubang tersebut yang mana tanah tersebut juga sudah steril karena juga sudah terpapar cahaya matahari. Pastikan bibit tegak lurus, padatkan perlahan agar bibit erat tertanam dan tidak mudah roboh.

Pada penanaman bibit pisang saat musim kemarau ini, usahakan kondisi tanah disekitar pangkal tanaman sedikit lebih rendah dari permukaan tanah, tujuannya agar saat penyiraman air siramannya terfokus pada tanaman pisang dan tidak meluber kemana-mana. Berbeda dengan penanaman saat musim hujan dimana tanah di sekitar pangkal tanaman pisang harus dibuat lebih tinggi agar saat hujan turun tanaman tidak terendam.

Setelah penanaman ikuti dengan penyiraman secukupnya dan untuk menjaga kelembaban tanah terutama penanaman pada musim kemarau, berikan mulsa organik seperti jerami kering disekitar pangkal tanaman.

Lakukan pula pemangkasan daun untuk mengurangi penguapan tanaman, caranya potong daun dan sisakan setengahnya.

Selain itu berikan pula naungan menggunakan daun kelapa dengan menancapkannya di samping utara dan selatan tanaman pisang dengan posisi huruf V terbalik, sehingga tanaman pisang masih mendapatkan cahaya matahari pagi.

Demikian ulasan mengenai cara menanam pisang di musim kemarau, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman pisang, pestisida, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Husain _ Uche