Cara Menanam Pisang Cavendish

Pisang Cavendish merupakan komoditas buah tropis yang sangat populer, karena mudah dijumpai, bernutrisi tinggi dan rasanya yang enak.

Pisang cavendish tidak hanya terkenal karena rasanya yang lezat saja tapi juga khasiatnya yang bermanfaat untuk tubuh. Buah ini memiliki banyak kandungan gizi, yaitu riboflavin, mangan, vitamin A, vitamin B6, niacin, serat, protein, vitamin C, besi, kalium, folat, dan magnesium.

Jika anda tertarik untuk membudidayakan pisang cavendish, silakan simak penjelasan mengenai Cara Menanam Pisang Cavendish berikut ini.

PERSIAPAN BIBIT

Pembibitan tanaman pisang cavendish dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan kultur jaringan dan menggunakan bonggol atau anakan.

Dalam dunia pertanian modern, pisang cavendish ini banyak dikembangbiakkan menggunakan metode kultur jaringan. Keunggulan bibit pisang hasil kultur jaringan dibandingkan dengan bibit dari anakan adalah bibit kultur jaringan terbebas dari penyakit seperti layu moko akibat Pseudomonas solanacearum dan layu panama akibat Fusarium oxysporum cubense.

Bibit tanaman pisang cavendish saat ini sangat mudah di dapatkan baik di toko-toko pertanian di sekitar anda atau di toko pertanian online seperti SentraTani.com

Di toko-toko pertanian, bibit pisang cavendish biasanya ditanam dalam polybag-polybag kecil siap tanam.

PERSIAPAN LUBANG TANAM

Buat lubang tanam untuk penanaman bibit pisang cavendish dengan ukuran panjang 50 cm dan lebar juga 50 cm dan kedalamannya 50 cm, istirahatkan lubang tanam selama 2-3 hari dalam keadaan terbuka dan biarkan terkena sinar matahari secara langsung.

Campurkan tanah galian dengan pupuk kandang yang telah matang/melalui proses fermentasi atau bisa juga menggunakan pupuk kompos dengan perbandingan 3:1, kemudian aduk hingga merata.

TAHAP PENANAMAN

Masukkan media tanam hingga setengah lubang, kemudian masukkan bibit beserta polybagnya, letakkan bibit tepat di tengah lubang tanam, usahakan tegak lurus dan tidak miring.

Buka polybagnya dengan hati-hati agar media tanam di dalamnya tidak pecah, kemudian masukkan tanah galian sisanya hingga penuh atau sejajar dengan permukaan tanah pada polybag, padatkan perlahan hingga bibit erat tertanam dan tidak goyah.

Buat gundukan di sekitar pangkal batang agar nantinya saat musim hujan tanaman tidak terendam air.

Selanjutnya siram dengan air secukupnya, penyiraman dilakukan sedikit demi sedikit agar meresap dan merata ke bagian dalam media tanam.

Untuk penyiraman berikutnya lakukan sebanyak 1-2 kali sehari atau menyesuaikan dengan kondisi tanaman.

Bersihkan lahan sekitar tanaman dari gulma atau rumput liar dimana gulma ini ikut merebut dalam penyerapan unsur hara dari dalam tanah dan juga gulma juga dapat menjadi tanaman inang atau sarang dari beberapa hama.

Demikian ulasan mengenai cara menanam pisang cavendish, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman pisang cavendish ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Kreasi Bertani