Cara Menanam Pisang Ambon

Pisang ambon merupakan salah satu jenis buah pisang yang banyak disukai, selain rasanya manis dan enak pisang ini juga cukup mudah dijumpai. Pisang ini juga sudah banyak dibudidayakan, baik itu dalam skala kecil hingga skala besar seperti perkebunan.

Jika Anda tertarik untuk menanam pisang ambon agar nantinya dapat menikmati buah pisang ambon dari hasil budidaya sendiri, tidak perlu khawatir karena budidaya pisang ambon cukup mudah. Berikut ini kami ulas mengenai Cara Menanam Pisang Ambon secara lengkap.

PEMBUATAN LUBANG TANAM

Lubang tanam untuk menanam bibit pisang ambon dibuat berukuran 50x50x50 atau jika bibit berukuran kecil cukuo 40x40x40 cm. Pada saat menggali, pisahkan tanah galian bagian atas dan bawah.

Masukkan pupuk kandang ke dalam lubang tanam, campurkan dengan tanah galian bagian atas dan aduk hingga merata

Diamkan lubang tanam selama 1-2 minggu sebelum proses penanaman, tujuannya adalah agar lubang tanam terpapar cahaya matahari sehingga bibit bakteri, jamur serta patogen yang merugikan bisa mati oleh sinar matahari dan lubang tanam siap untuk ditanami.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit pisang ambon dapat diperoleh dari tunas anakan yang tumbuh pada rumpun tanaman pisang ambon pada budidaya sebelumnya atau tanaman induk dengan cara mendongkelnnya.

Pilihlah bibit anakan dari tanaman induk yang sehat atau terbebas dari hama penyakit.

Proses pendongkelan bibit/anakan ini harus dilakukan dengan benar dan hati-hati agar bibit tidak rusak.

Related Post

Pangkas daunnya untuk mengurangi penguapan, jangan khawatir karena saat akar telah berkembang dengan baik daunnya akan tumbuh kembali.

Bersihkan semua akar yang masih terdapat pada bonggol, diamkan selama kurang lebih 2 hari hingga luka bekas sayatan pada bonggol benar-benar kering.

TAHAP PENANAMAN

Masukkan bibit tepat di tengah lubang tanam, posisikan bibit berada di tengah lubang agar ketika akar muda tumbuh, akar mampu berkembang dengan baik di sekitar tanah yang gembur. Kemudian tutup menggunakan tanah galian yang tersisa.

Pastikan bibit tegak lurus, padatkan perlahan agar bibit erat tertanam dan tidak mudah roboh. Setelah penanaman ikuti dengan penyiraman secukupnya. Dan untuk menjaga kelembaban tanah terutama pada musim kemarau, berikan mulsa organik seperti jerami di sekitar pangkal tanaman.

Yang juga perlu diperhatikan dalam penanaman pisang ambon ini adalah pembuatan gundukan di sekitar pangkal tanaman jika menanam pisang pada musim hujan, tujuannya agar tanaman tidak terendam air saat hujan. Sedangkan jika penanaman dilakukan pada musim kemarau buatlah lubang melingkar di sekitar pangkal tanaman agar saat penyiraman air tidak meluber keluar area penanaman.

Demikian ulasan mengenai cara menanam pisang ambon, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman pisang, pestisida, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Dunia Asri