Pepaya memiliki nama latin Papaya Carica L. Buah ini berasal dari Meksiko bagian selatan dan Nikaragua. Buah pepaya ini memiliki beberapa jenis, diantaranya adalah pepaya california.

Pepaya california memiliki bentuk yang lebih mungil dibanding pepaya bangkok, pepaya ini juga mempunyai warna kulit hijau cerah, dan berubah kekuningan jika matang.

Meskipun memiliki bentuk yang lebih kecil dibandingkan pepaya pada umumnya, namun harga jual pepaya california ini lumayan tinggi, tak heran jika pepaya yang satu ini banyak digemari dan menjadi primadona di kalangan petani maupun pedagang.

Selain itu prospek budidaya pepaya californiapun terbilang sangat menjanjikan, sehingga banyak petani yang tertarik untuk membudidayakannya. Jika anda juga tertarik untuk membudidayakannya, berikut ini ulasan mengenai cara menanam pepaya california secara organik selengkapnya.

PERSIAPAN BENIH

Pilihlah benih pepaya california yang berkualitas unggul, karena benih pepaya berkualitas unggul memiliki daya kecambah yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit, dan juga dapat berproduksi dengan optimal sehingga akan lebih menguntungkan tentunya.

Benih pepaya berkualitas unggul saat ini sudah banyak tersedia di toko-toko pertanian baik itu offline di sekitar anda ataupun toko online seperti SentraTani.com

TAHAP PENYEMAIAN BENIH

Sebelum disemaikan benih pepaya direndam terlebih dahulu selama 3 hari pada air bersih yang telah ditambahkan ZPT untuk mempercepat perkecambahan.

Proses perendaman benih pepaya ini dilakukan lebih lama daripada benih lainnya, tujuannya agar mempercepat perkecambahan, karena benih pepaya ini memiliki kulit biji yang sangat keras.

Setelah 3 hari perendaman, jika terdapat benih yang terapung buanglah biji tersebut dan hanya gunakanlah biji yang tenggelam.

Tahapan selanjutnya adalah pemeraman benih menggunakan media tisu, siapkan baki atau wadah sejenisnya, letakkan 3 lembar tisu yang telah dibasahi untuk alas, susun berjajar benih pepaya, akan tetapi berikan jarak dan jangan terlalu rapat, tutup kembali menggunakan tisu, tutup menggunakan plastik gelap, buat lubang-lubang kecil untuk sirkulasi udara dan ikat agar tidak mudah lepas. Letakkan di tempat teduh dan gelap. Lakukan pengontrolan setiap 2 hari sekali untuk memastikan tisu tetap lembab, jika kering segera siram menggunakan sprayer.

Setelah 7 hari sejak pemeraman, benih sudah berkecambah dan siap ditanam pada polybag-polybag kecil. 

Penanaman benih/biji ini diawali dengan menyiapkan medi a tanam yaitu tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1, campurkan dengan mengaduknya hingga merata, masukkan ke dalam polybag-polybag kecil kemudian siram hingga basah merata. Buat lubang tanam pada polybag dengan kedalaman 1 cm.

Tanam biji pada polybag-polybag tersebut dengan kedalaman sekitar 1cm, tanam 1 biji pada setiap polybag, usahakan permukaan biji masih tampak. Siram persemaian secara teratur.

Benih pepaya akan tumbuh dan memiliki daun setelah 15 hari sejak penanaman biji, selanjutnya letakkan di tempat terbuka dengan sinar matahari penuh agar pertumbuhannya lebih optimal hingga bibit siap tanam yaitu berumur sekitar 40 hari dengan ketinggian 15-20 cm.

TAHAP PENANAMAN

Pada tahap penanaman ini diawali dengan membuat lubang tanam, pembuatan lubang tanam ini dilakukan 2 minggu sebelum bibit siap ditanam dengan ukuran 40x40x40 cm.

Taburkan dolomit/kapur pertanian pada lubang tanam tersebut dengan dosis menyesuaikan pH tanah/keasaman tanah, jika pH tanah rendah dosisnya kurang lebih 1 kg/lubang tanam dan jika sedang 0,5 kg/lubang tanam, biarkan lubang tanam tersebut dalam keadaan terbuka selama 2 minggu.

Jika penanaman lebih dari satu tanaman, maka jarak tanam yang disarankan adalah 2-2,5 m.

Setelah lubang tanam dibiarkan selama 2 minggu, selanjutnya adalah melakukan penanaman bibit pepaya yang diawali dengan pemberian pupuk dasar. 

Pupuk dasar yang digunakan untuk penanaman pepaya california secara organik adalah pupuk kandang yang telah matang atau menggunakan pupuk kompos.

Masukkan pupuk kandang dan tanah galian atas ke dalam lubang tanam dengan perbandingan 1:1, aduk hingga merata.

Buat lubang tanam di bagian tengah, tanam bibit pepaya pada lubang tanam tersebut, pilihlah bibit yang sehat dan pertumbuhannya baik, jika bibit ditanam pada polybag plastik, terlebih dahulu buka polybagnya secara hati-hati agar media di dalamnya tidak pecah.

Tanam bibit sedikit agak dalam agar bibit dapat berdiri tegak, selanjutnya siram dengan air secukupnya.

Demikian ulasan mengenai cara menanam pepaya california secara organik, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih pepaya ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN