Cara Menanam Nangka dari Biji

Nangka (Artocarpus heterophyllus) atau Jackfruit adalah sejenis pohon buah yang masuk dalam suku Moraceae. Pohon nangka memiliki tinggi yang bisa mencapai 20 meter hingga 30 meter, batang bulat silindris dengan diameter sekitar 1 meter. Tajuk pohonnya padat lebat, melebat dan membulat apabila pada tempat terbuka. Semua bagian pohon nangka apabila terluka atau dilukai akan mengeluarkan getah putih.

Buah nangka memiliki bentuk gelondong memanjang dengan panjang dapat mencapai sekitar 100 cm dengan sisi luar buah terdapat duri lunak yang pendek. Daging buahnya yang berwarna kuning keemasan merupakan perkembangan dari tenda bunga dan apabila sudah matang buahnya akan memiliki aroma harum yang cukup menyengat dengan biji bulat lonjong.

Untuk menanam nangka, salah satunya dapat dilakukan dengan menanam bijinya. Menanam nangka dari bijinya ini disebut juga dengan pembibitan secara generatif.

Nah agar tanaman nangka yang dihasilkan dari penanaman biji dapat tumbuh dengan baik, maka proses penanaman biji juga harus dilakukan dengan baik pula. Untuk mengetahui bagaimana cara menanam nangka dari biji, berikut ini kami ulas penjelasan selengkapnya.  

PERSIAPAN BIJI

Langkah pertama yang perlu dipersiapkan adalah biji nangka yang dapat diperoleh dari buahnya. Pilihlah biji dari buah yang sudah benar-benar matang agar proses pertumbuhannya lebih cepat.

Untuk mendapatkan bibit nangka yang sama dengan induknya caranya yaitu kulit ari pada biji nangka jangan dikupas.

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Komposisi media tanam yang digunakan adalah tanah, pupuk organik dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Campurkan semua bahan media tanam tersebut dengan mengaduknya hingga merata, dan masukkan ke dalam polybag dan ikuti dengan penyiraman.

Dalam mempersiapkan media tanam ini yang perlu diperhatikan bahwa media tanam yang digunakan memiliki kedalaman yang cukup, mengingat bibit nangka memiliki akar tunggang yang tumbuh memanjang lurus ke bawah. Maka dari itu penggunaan polybag sebagai wadah media tanam lebih disarankan.

TAHAP PENANAMAN

Buat lubang tanam seukuran biji pada media dalam polybag. Tanam biji pada lubang tanam tersebut dengan posisi berdiri dengan posisi biji yang menempel pada buah berada di bawah, kemudian tutup dengan media namun jangan terlalu tebal dan sedikit permukaan biji masih tampak di permukaan media tanam, lalu ikuti dengan penyiraman. Dalam satu polybag cukup ditanami 1 biji saja.

Lakukan penyiraman rutin 1- 2 kali sehari pada pagi atau sore hari, penyiraman secukupnya saja jangan sampai berlebihan, karena akan berakibat buruk pada biji yang ditanam.

Pertumbuhan biji nangka tergolong cepat jika dibandingkan dengan buah yang lainnya. Jika bibit sudah memiliki tinggi sekitar 60-70 cm dan memiliki diameter batang sekitar 1,5 cm, bibit nangka dapat dipindahkan pada lahan tanam atau bisa juga untuk disambung pucuk dengan entres nangka yang unggul agar nantinya menghasilkan bibit unggul dan cepat berbuah.

Demikian ulasan mengenai cara menanam nangka dari biji, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman nangka ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Sukses Tani

Bacaan Terkait

Perawatan Tanaman BayamPerawatan Tanaman Bayam

Dalam budidaya tanaman bayam, perawatan merupakan hal mutlak yang harus dilakukan untuk menunjang keberhasilan budidayanya. Secara garis besar perawatan tanaman bayam meliputi penyiraman, penyiangan gulma, pemupukan susulan serta pengendalian hama