Cara Menanam Manggis

Manggis merupakan salah satu produk buah yang memiliki nilai ekonomis tinggi dan potensi pasar yang baik. Dalam rangka pengembangan agribisnis manggis berbasis kawasan korporasi serta untuk menghadapi tantangan dalam era perdagangan bebas, maka perlu diterapkan teknologi budidaya maju yang didukung oleh sistem budidaya yang efisien serta kelembagaan tani yang tangguh.

Kegiatan budidaya manggis yang mengacu pada GAP/SOP terdiri dari persiapan lahan, persiapan naungan, persiapan benih, penanaman, pemangkasan, pemupukan, penyiangan, pengairan, pengendalian OPT, panen dan pasca panen. Namun pada kesempatan kali ini akan kita ulas pembahasannya mengenai tahapan awal cara menanam manggis dari persiapan lahan hingga proses penanaman.

PERSIAPAN LAHAN DAN LUBANG TANAM

Bebaskan lahan yang akan dijadikan tempat penanaman manggis dari pohon-pohon besar yang dapat menghalangi penerimaan cahaya matahari bagi tanaman manggis dengan cara menebangnya. Selain itu bersihkan pula lahan dari semak belukar.

Buat lubang tanam ideal untuk menanam manggis yaitu dengan ukuran 50x50x50 cm dan dengan jarak antar lubang tanam yaitu 10×10 meter. Yang perlu diperhatikan pada saat menggali lubang tanam yaitu pisahkanlah antara tanah lapisan atas yaitu pada kedalaman 0-25 cm dengan tanah lapisan bawah yaitu kedalaman 26-50 cm. Tujuannya agar tidak terjadi percampuran antara kedua lapisan tanah tersebut.

Tambahkan 300 gram dolomit, 10-20 kg pupuk kandang serta 0,5 kg trichoderma, campurkan secara merata dengan tanah yang ada di dasar lubang tanam.

Sebelum ditanami, istirahatkan terlebih dahulu lubang tanam tersebut selama 2-4 minggu, tujuannya adalah untuk menurunkan temperatur tanah, meningkatkan pH tanah yang masam serta meningkatkan aktivitas dan perkembangan mikroorganisme tanah yang terdapat pada lubang tanam.

PERSIAPAN BIBIT

Pilihlah bibit yang berkualitas, karena dengan menanam bibit berkualitas tentunya keberhasilan budidayanya lebih tinggi. Pilihlah bibit dengan varietas yang sudah terdaftar, pertumbuhan tegak, tinggi batang minimal 60 cm dengan jumlah daun minimal 6 pasang. Bibit manggis biasanya ditanam pada polybag.

PENANAMAN

Tanam bibit tepat di tengah-tengah lubang tanam, buka polybagnya, lakukan dengan hati-hati dan usahakan media tanam dalam polybag tidak pecah tujuannya adalah agar setelah ditanam tanaman tidak stres dan tidak ada perakaran yang rusak saat proses penanaman.

Atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam hingga pangkal batang. Padatkan perlahan media tanam berjarak 20 cm dari pangkal batang, pastikan tanaman sudah kuat tertopang. Buat gundukan pada pangkal batang tanaman setinggi 5-10 cm agar lebih tinggi dari permukaan tanah sekitar.

Berikan mulsa menggunakan potongan batang pisang atau jerami di sekitar pangkal tanaman untuk mengurangi penguapan.

Berikan pula naungan pada tanaman manggis yang baru ditanam, naungan tersebut merupakan salah satu syarat utama keberhasilan penanamannya, karena bibit manggis umur 1-2 tahun sangat rentan terhadap cahaya matahari langsung. Naungan dapat berupa paranet atau potongan dahan pohon kelapa. Bahan lain yang sangat baik untuk dijadikan naungan tanaman manggis adalah tanaman pisang. 

Demikian ulasan mengenai cara menanam manggis, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman manggis ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube TV Tani Indonesia

Bacaan Terkait