Cara Menanam Jeruk Limau dari Biji

Untuk membudidayakan jeruk limau selain dapat ditanam dari bibit yang dibeli di toko bibit juga dapat ditanam dari bijinya. Menanam jeruk limau dari biji sebenarnya cukup mudah, namun meskipun demikian harus dilakukan dengan benar agar nantinya dapat menghasilkan bibit tanaman jeruk limau yang pertumbuhannya baik dan subur.

Nah pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana Cara Menanam Jeruk Limau dari Biji, berikut ini penjelasan selengkapnya.

PERSIAPAN BIJI

Biji jeruk limau yang akan ditanam dapat diambil dari buahnya. Pilihlah buah jeruk limau kualitas unggul yang sudah benar-benar tua.

Keluarkan biji dari buahnya, pilihlah biji yang bentuknya sempurna dan tanpa ada cacat. Bersihkan biji dari sisa-sisa daging buah atau lendirnya

PERSIAPAN MEDIA TANAM DAN PENANAMAN

Setelah biji siap, langkah selanjutnya adalah menyiapkan media tanamnya. Komposisi media tanam yang digunakan yaitu tanah, sekam padi dan pupuk organik seperti pupuk kandang atau kompos dengan perbandingan 1:1:1 kemudian aduk hingga tercampur merata dengan menambahkan sedikit pasir.

Masukkan media tanam tersebut ke dalam wadah berupa pot, polybag atau wadah sejenisnya.

Susun beberapa biji pada media tersebut dengan memberikan jarak dan jangan terlalu rapat lalu tutup menggunakan media yang sama, kemudian ikuti dengan penyiraman hingga media jenuh air. Letakkan di tempat yang setiap harinya memperoleh sinar matahari secara langsung. Lakukan penyiraman secara rutin atau jika media terlihat kering, namun cukup hanya sampai lembab saja, jangan terlalu basah.

Related Post

Setelah bibit limau tumbuh dan memiliki 4-6 helai daun, bibit jeruk limau sudah saatnya disapih atau dipindah tanam satu persatu agar pertumbuhannya lebih optimal baik itu pada pot, polybag atau cup/gelas plastik. Syarat wadah tersebut adalah memiliki lubang pada dasar atau bawahnya agar kelebihan air siraman tidak tergenang di dalamnya yang dapat mengakibatkan pembusukan akar tanaman.

Masukkan media tanam berupa tanah, pupuk kandang dan sekam padi ke dalam wadah pot, polybag atau cup plastik, lalu buat satu lubang tanam pada setiap pot.

Tanam bibit jeruk pada pot tersebut dengan cara mencongkelnya dari persemaian beserta sedikit tanah di sekelilingnya. Lakukan dengan hati-hati dan pastikan tidak ada akar yang rusak apalagi sampai patah. Padatkan perlahan hingga bibit erat tertanam, kemudian ikuti dengan penyiraman secukupnya. Penyiraman berikutnya dilakukan secara rutin setiap 1 minggu sekali atau jika media terlihat mulai mengering. Selain penyiraman, pemupukan juga harus dilakukan secara rutin untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Untuk sementara letakkan bibit di tempat yang teduh untuk beradaptasi, dan setelah itu dapat diletakan di tempat terbuka.

Demikian ulasan mengenai cara menanam jeruk limau dari biji, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman jeruk limau ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Widi Yuzurunegai