Cara Menanam Jambu Mete dari Biji

Jambu mete (Anacardium occidentale) atau biasa juga disebut dengan jambu monyet adalah sejenis tanaman dari suku Anacardiaceae yang berasal dari Brasil.

Jambu mete salah satunya dapat dibudidayakan dari bijinya atau dengan menanam bijinya. Menanam jambu mete dari biji ini disebut juga dengan pembibitan secara generatif.

Nah agar tanaman jambu mete yang dihasilkan dari penanaman biji dapat tumbuh dengan baik, maka proses penanaman biji juga harus dilakukan dengan baik pula. Untuk mengetahui bagaimana cara menanam jambu mete dari biji, berikut ini kami ulas penjelasan selengkapnya.  

PERSIAPAN BIJI

Biji jambu mete dapat diperoleh dari buahnya. Pilihlah biji dari buah yang sudah tua dan matang agar proses pertumbuhannya lebih cepat.

Tahap selanjutnya adalah proses pengecambahan biji, caranya yaitu dengan meletakkan biji jambu mete diatas tanah yang lembab pada wadah semacam nampan atau wadah sejenisnya.

Dalam waktu kurang lebih 1 minggu biji jambu mete sudah mulai berkecambah.

TAHAP PENANAMAN

Setelah biji jambu mete berkecambah saatnya melakukan penanaman, adapun penanaman biji ini dilakukan pada media dalam polybag.

Komposisi media tanam yang digunakan adalah tanah, pupuk kandang dan arang sekam dengan perbandingan 1:2:3. Dalam hal pembuatan media semai ini komposisi dari arang sekam lebih banyak. Tujuannya adalah agar membuat media tanam tersebut terjaga kelembabannya dalam waktu yang lebih lama, terutama untuk musim kemarau. Sehingga meskipun penyiramannya dilakukan 1 kali sehari kelembaban media tanam akan tetap terjaga.

Related Post

Campurkan semua bahan media tanam tersebut dengan mengaduknya hingga merata, dan masukkan ke dalam polybag dan ikuti dengan penyiraman.

Buat lubang tanam seukuran biji pada media dalam polybag, jika polybag berukuran sedang atau besar, dalam 1 polybag dapat ditanami beberapa biji namun berikan jarak antar bijinya dan jangan terlalu rapat.

Tanam biji pada lubang tanam tersebut dengan posisi kecambah menghadap ke bawah, kemudian tutup dengan media namun jangan terlalu tebal.

Setelah kurang lebih 2 minggu dari penanaman, biji sudah tumbuh dan mengeluarkan daun. Dan setelah 1 bulan atau lebih bibit jambu mete hasil penanaman biji dapat dipindah tanam pada lahan atau pada polybag yang lebih besar.

Demikian ulasan mengenai cara menanam jambu mete dari biji, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman jambu mete/jambu monyet ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Sutiyono S,Pd