Cara Menanam Jahe Merah di Lahan Terbuka

Akhir-akhir ini banyak dari kalangan masyarakat yang membudidayakan jahe, terutama jahe merah, baik itu dari skala rumah tangga ataupun dalam skala besar. Karena memang pada saat ini jahe terutama jahe merah yang merupakan tanaman herbal sedang banyak dicari sehingga permintaannya di pasaran meningkat. Dan hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi para petani pembudidayanya.

Nah jika Anda juga tertarik untuk membudidayakannya baik itu dalam skala kecil untuk konsumsi pribadi ataupun skala besar untuk tujuan komersil, maka alangkah baiknya untuk menyempatkan menyimak penjelasan mengenai Cara Menanam Jahe Merah di Lahan Terbuka berikut ini.

PERSIAPAN LAHAN

Gemburkan lahan dengan cara ditraktor atau dicangkul. Buat bedengan dengan ukuran tinggi 20-30 cm, lebar 100 cm, jarak antar bedengan 50 cm sedangkan panjangnya disesuaikan dengan kebutuhan serta lahan yang digunakan.

Buat lubang/alur di atas bedengan untuk meletakkan pupuk dengan luas 80% dari luas bedengan dengan kedalaman 15 cm.

Taburkan kapur pertanian dan juga tambahkan pupuk kandang yang sudah matang atau telah melalui proses fermentasi pada lubang bedengan, pupuk ditaburkan di atas bedengan dan tidak diaduk, tutup menggunakan tanah dengan ketebalan 6 cm di atas pupuk, rapikan kembali permukaan bedengan. Yang perlu diperhatikan saat penutupan pupuk, ketebalan tanah tidak boleh lebih dari 6 cm, tujuannya agar saat bibit ditanam berada tepat diatas pupuk dalam bedengan.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit jahe merah diperoleh dari penyemaian rimpangnya baik itu persemaian pada bedengan atau pada box kayu. Persemaian akan mulai bertunas setelah 1-2 minggu dari penyemaian. Adapun bibit jahe merah hasil persemaian yang sudah siap ditanam pada lahan yaitu setelah berumur 1 bulan dari penyemaian.

Untuk mengetahui penjelasan mengenai cara semai rimpang jahe merah silakan buka pada artikel Kampus Tani sebelumnya yaitu Cara Penyemaian Bibit Jahe Merah.

Namun jika Anda tidak ingin repot atau tidak memiliki rimpang jahe merah untuk disemai, Anda bisa membeli bibitnya di SentraTani.com.

TAHAP PENANAMAN

Buat lubang tanam pada bedengan dengan jarak 30 cm dalam barisan dan 40 cm jarak antar barisnya. Dalam satu bedengan dapat ditanami dengan 2 baris.

Cabut bibit dari persemaian dengan hati-hati, jangan sampai merusak perakaran, karena dapat mengakibatkan bibit jahe menjadi stres.

Tanam bibit jahe merah pada lubang tanam yang sudah dibuat kemudian tutup kembali menggunakan tanah, padatkan perlahan agar bibit erat tertanam dan tidak mudah roboh.

Setelah penanaman selesai ikuti dengan penyiraman menggunakan air yang telah ditambahkan larutan ZPT alami yang bisa kita dapatkan dari bawang merah yang dihaluskan atau diblender. ZPT alami ini akan sangat berpengaruh terhadap adaptasi dan kesuburan bibit jahe merah yang baru ditanam.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Jahe Merah di Lahan Terbuka, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit jahe merah ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube abdul syarif hidayat

Bacaan Terkait

budidaya terong

Budidaya TerongBudidaya Terong

Terong (Solanum melongena) adalah family Solanaceae dan tergolong dalam tanaman setahun. Batangnya berair dan berbulu dan ada pula yang berduri. Tingginya berkisar antara 60-240 cm. Berbentuk semak atau perdu. Tunas