Cara Menanam Daun Bawang di Pot

Siapa yang tidak kenal daun bawang? Tentu semua orang hampir mengetahuinya, karena daun bawang ini banyak digunakan sebagai bumbu pelengkap dalam berbagai macam olahan makanan. Keberadaannya juga cukup mudah dijumpai di para pedagang sayur.

Daun bawang ini juga sangat mudah untuk dibudidayakan dan pula tidak memerlukan perawatan dan perlakukan khusus dalam budidayanya, dan bahkan dapat pula ditanam dalam pot untuk mengisi kekosongan halaman rumah.

Daun bawang dapat ditanam dari bonggolnya dan dapat pula ditanam dari benih atau bijinya. Namun pada kesempatan kali ini akan kami ulas mengenai bagaimana cara menanamnya dari biji.

Nah, untuk mengetahui bagaimana cara menanam daun bawang di pot dari bijinya, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

PERSIAPAN BENIH DAN PENYEMAIAN

Dalam persiapan benih ini yang perlu diperhatikan adalah pemilihan benih unggul. Karena benih unggul memiliki persentase pertumbuhan yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap serangan hama penyakit, sehingga keberhasilan budidayanya lebih besar.

Benih daun bawang berkualitas unggul saat ini cukup mudah diperoleh di toko-toko pertanian sekitar anda atau bisa juga dibeli dari SentraTani.com.

Setelah benih unggul daun bawang siap, tahap selanjutnya adalah menyemai benih tersebut. Namun sebelum disemai, jemur terlebih dahulu benih daun bawang tersebut selama 2-4 jam.

Selama benih dijemur, siapkan media semainya, yaitu tanah gembur dan pupuk organik seperti kompos dengan perbandingan 1:1, masukkan media semai pada wadah tempat menyemai benih, seperti pot tray, pot atau baki penyemaian dan benih siap disemai kemudian siram hingga lembab.

Jika penyemaian menggunakan wadah berupa nampan atau baki, buatlah alur/baris melintang pada media semai untuk menaburkan benih daun bawang, dengan jarak antar baris  sekitar 5 cm.

Taburkan benih secara merata pada baris tersebut, berikan jarak dan jangan terlalu rapat, kemudian tutup kembali menggunakan media yang sama tipis saja.

Setelah 3 hari dari penyemaian, benih sudah mulai berkecambah dan setelah 5 hari benih sudah mulai meninggi dan tampak hijau.

Lakukan penyiraman secara rutin untuk menjaga kelembaban media semai. Lakukan pula penyiangan dengan mencabut rumput liar atau gulma yang tumbuh di sela-sela tanaman.

Related Post

Bibit daun bawang hasil penyemaian benih sudah siap untuk dipindah tanam setelah berumur 30 hari setelah semai.

PERSIAPAN MEDIA TANAM DAN PENANAMAN

Untuk menanam daun bawang dalam pot, media tanam yang digunakan adalah tanah gembur subur, arang sekam dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1, aduk semua bahan hingga merata. Masukkan media tanam tersebut ke dalam pot hingga hampir penuh.

Tanam bibit dengan mencabutnya dari persemaian atau mencongkelnya beserta sedikit media tanamnya, lakukan dengan hati-hati agar tidak merusak perakaran.

Tanam bibit pada lubang tanam yang telah dibuat sebelumnya hingga erat tertanam, kemudian siram secukupnya.

Setelah 3 hari dari penanaman, bibit daun bawang sudah mulai terlihat pertumbuhannya.

PERAWATAN

Perawatan tanaman daun bawang yang ditanam dalam pot cukup sederhana, yaitu penyiraman, penyiangan gulma dan pemupukan.

Penyiraman dilakukan secara rutin agar kebutuhan airnya tercukupi dengan baik. Penyiangan gulma yang tumbuh disekitar tanaman pada pot juga penting untuk dilakukan, karena keberadaan gulma akan mengganggu tanaman daun bawang dengan turut serta menyerap unsur hara dari dalam media tanam yang sedianya untuk tanaman daun bawang tersebut.

Pemupukan juga penting untuk dilakukan, terutama untuk tanaman yang kurang subur agar pertumbuhannya dapat maksimal. Adapun pupuk yang digunakan adalah NPK yang diberikan dengan cara dikocorkan.

Caranya yaitu larutkan 1 sendok makan NPK untuk 10 liter air, aduk hingga pupuk benar-benar larut dan merata. Aplikasi pupuk dilakukan dengan mengocorkan/menyiramkannya pada media tanam dalam pot dengan dosis karang lebih 1 liter untuk 1 tanaman berukuran sedang atau menyesuaikan dengan ukuran tanaman dan pot yang digunakan.

Tanaman daun bawang sudah dapat dipanen setelah berumur 60 hari setelah tanam yang ditandai dengan batangnya yang sudah besar dan memiliki banyak daun.

Demikian ulasan mengenai Budidaya Daun Bawang di Pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli benih daun bawang ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com