Membudidayakan jambu air diawali dengan mempersiapkan bibit tanaman tersebut. Bibit tanaman jambu air yang ditanam sebaiknya berasal dari bibit hasil perbanyakan secara vegetatif seperti hasil cangkok. Bibit hasil cangkok ini banyak dipilih oleh para pembudidaya karena memiliki keunggulan, diantara keunggulannya adalah tanaman jambu air ini akan lebih cepat berbuah, postur tanaman lebih pendek sehingga memudahkan dalam perawatan dan yang terpenting adalah sifat tanaman akan sama dengan tanaman induknya, yang berarti jika tanaman induk merupakan tanaman berkualitas dengan produktivitas yang tinggi maka sifat bibit tanaman hasil cangkok tersebut akan memiliki sifat yang sama.

Berbeda dengan tanaman yang dibudidayakan atau ditanam dari bijinya atau secara generatif, dimana bibit tanaman ini memiliki kekurangan seperti waktu berbuah yang cukup lama dan postur tanaman yang akan tumbuh tinggi.

Untuk menanam bibit tanaman hasil cangkok sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan sehingga bagi anda yang masih belajar dalam menanam jambu air ini pun dapat melakukannya. Pada artikel kali ini akan kami ulas mengenai Cara Menanam Cangkokan Jambu Air Madu Deli yang ditanam dalam pot.

PERSIAPAN BIBIT

Cangkokan tanaman jambu air madu deli yang siap dipotong dari tanaman induknya dan siap ditanam adalah cangkokan yang sudah berumur 3 bulan yang ditandai dengan pertumbuhan akar yang sudah banyak dan memenuhi media cangkok.

PERSIAPAN TEMPAT TANAM/POT

Siapkan pot dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran tanaman. Jika bibit tanaman masih berukuran kecil sebaiknya dimulai dari ukuran pot yang kecil. Sehingga apabila tanaman semakin besar pot bisa diganti, sekaligus sebagai penanda untuk meremajakan media tanam.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan pot adalah pastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang di dasar pot yang berfungsi mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam.

Wadah tabulampot yang baik harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini penting untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah, jika pot yang anda miliki tidak memiliki kaki, gunakan batu bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Syarat Media tanam tabulampot yaitu harus bisa menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Media tanam yang sering digunakan antara lain campuran tanah gembur dan subur, pupuk kandang/kompos dan sekam padi dengan perbandingan 2:1:1, campurkan bahan-bahan tersebut hingga merata.

Sebelum memasukkan media tanam pada pot, letakkan pecahan genteng atau batu bata pada dasar pot, satu lapis saja. Kemudian isi pot dengan media tanam yang sudah disiapkan hingga setengah tinggi pot.

TAHAP PENANAMAN

Buka plastik pembungkus cangkokan, Masukkan bibit cangkokan ke dalam pot, lakukan dengan hati-hati dan usahakan media pada cangkokan tidak pecah. Letakkan tepat di tengah-tengah pot, atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam yang sama hingga pangkal batang.

Padatkan perlahan media tanam di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman sudah kuat tertanam. Agar tanaman lebih erat dan tidak mudah goyah bisa diberi penopang atau ajir untuk menopangnya, kemudian siram dengan air untuk mempertahankan kelembaban.

Simpan tanaman tersebut di tempat yang agak teduh untuk beradaptasi. Siram setiap pagi atau sore hari. Setelah satu minggu bisa diletakkan di tempat terbuka.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Cangkokan Jambu Air Madu Deli, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit jambu air madu deli ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Tanaman Buah