Buah tin saat ini tengah populer di Indonesia karena buah tin memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan. Tanaman buah tin mampu tumbuh baik di daerah beriklim tropis seperti di Indonesia. Menanam buah tin ini sebenarnya sangat mudah, untuk memperbanyak tanaman pun sudah banyak caranya, serta perawatannya sama seperti tanaman pada umumnya, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menanam buah tin, khususnya jika ditanam dalam pot.

Tanaman buah tin atau yang dikenal dengan nama latin ficus carica merupakan buah asli negara Arab, karena itulah tanaman buah tin termasuk tanaman yang tahan terhadap cuaca panas. Selain di negara Arab buah tin juga dapat ditemui di negara lain seperti Eropa, Amerika, Australia dan juga Afrika.

Jika anda tertarik untuk membudidayakannya, alangkah baiknya untuk menyimak ulasan mengenai Cara Menanam Buah Tin Dalam Pot Agar Cepat Berbuah berikut ini.

PEMILIHAN BIBIT

Pilihlah bibit tanaman tin yang sehat yaitu tidak terdapat bekas serangan penyakit, percabangannya kuat, serta daunnya lebat dan berwarna hijau, lebih baik lagi jika memilih bibit buah tin yang sudah berbuah namun pasti harganya lebih mahal dari bibit tanaman buah tin muda.

PENANAMAN BIBIT

Siapkan pot berdiameter 40 cm, pot yang digunakan harus memiliki dasar yang berlubang yang berguna sebagai jalan bagi air agar tidak menggenang di dalam pot,

isi bagian dasar pot dengan pecahan genting atau bata hingga merata, masukkan media tanam ke dalam pot hingga setengahnya,  media tanam yang digunakan berupa campuran tanah yang subur, pupuk kandang fermentasi, sekam mentah, arang sekam dengan perbandingan 1:2:1:1.

Masukkan bibit kedalam pot tegak lurus tepat di bagian tengah, kemudian tambahkan kembali media tanam ke dalam pot hingga ketinggian 2 cm dari bibir pot, padatkan media tanam secara perlahan, lalu siram dengan air secukupnya.

Letakkan tanaman di tempat teduh selama satu minggu, setelah itu tanaman bisa dipindah pada tempat terbuka secara bertahap.

PERAWATAN

Perawatan harian tabulampot buah tin meliputi pemupukan, penyiraman, pengendalian hama penyakit dan penggantian media.

Pemupukan

Pada awal penanaman tanaman buah tin hanya memerlukan pemupukan berupa pupuk dasar dan juga pupuk daun ( untuk merangsang pertumbuhan ) dengan dosis yang disesuaikan dengan besar tanaman.

Jika sudah memasuki usia 2 tahun atau lebih, tanaman buah tin bisa diberi pupuk kandang yang akan mempercepat pembuahan buah tin.

Penyiraman

Jika tanaman tin ditanam pada daerah bersuhu lembab antara 25-30°C, penyiraman cukup dilakukan satu minggu sekali, namun jika ditanam pada daerah bersuhu panas antara 30-38°C, penyiraman bisa dilakukan 2 kali sehari.

Pengendalian hama dan penyakit

Tanda-tanda tanaman tin yang terserang penyakit dapat dilihat dari kondisi daunnya. Tanaman yang terserang penyakit biasanya berdaun menguning, kering dan berguguran. Pengendalian yang dapat dilakukan adalah dengan memangkas daun yang terkena penyakit, karena jika dibiarkan dikhawatirkan penyakit tersebut akan menyebar.

Selain penyakit pada daun, ada pula hama yang biasanya menyerang pada batang tanaman buah tin, hama ini dikenal dengan nama hama penggerek yang membuat batang tanaman tin menjadi keropos dan mudah patah, salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menyuntikkan obat tanaman pada bagian batang tanaman buah tin.

Penggantian media

Penggantian media dapat dilakukan 2  tahun sekali, untuk menunjang pertumbuhan buah dan tanaman. Komposisi media yang digunakan sama dengan media tanam sebelumnya, jika tanaman semakin besar sekaligus dilakukan pula penggantian pot atau repotting dengan pot yang semakin besar.

Pada umur 4 bulan biasanya tanaman tin sudah mulai berbuah, ketika ukuran buah tin sudah mulai membesar, bungkus buah tin dengan plastik atau wadah khusus pembungkus buah, tujuannya agar pertumbuhan buah bagus dan terhindar dari serangan lalat buah, selain itu juga untuk menghindarkan buah dari air hujan. Pangkas juga daun di sekitar pangkal buah tujuannya agar sinar matahari bisa fokus ke buah.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Buah Tin Dalam Pot Agar Cepat Berbuah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit buah tin ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Taman Inspirasi