Untuk membudidayakan tanaman buah delima tentunya diawali dengan ketersediaan bibit. Pembibitan tanaman delima dapat dilakukan menggunakan bijinya.

Bibit tanaman delima hasil dari penanaman biji ini oleh para pembudidaya biasanya tidak ditanam langsung, karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya waktu berbuah yang cukup lama dan tidak jarang sifat tanaman menyimpang dari sifat tanaman induknya. Akan tetapi bibit hasil penanaman biji ini hanya digunakan sebagai batang bawah dalam teknik penyambungan/grafting ataupun okulasi/tempel mata tunas, sehingga dapat menghasilkan bibit unggulan yang lebih cepat berbuah.

Untuk mengetahui Cara Menanam Buah Delima dari Bijinya, silakan simak penjelasannya berikut ini.

SIAPKAN ALAT DAN BAHAN

  • Buah delima yang sudah benar-benar tua dan masak
  •  Wadah bertutup seperti toples dan sebagainya
  • Plastik klip
  •  Tisu
  • Pisau

PERSIAPAN BIJI

Belah buah delima menjadi beberapa bagian untuk diambil bijinya. Pisahkan biji dari buahnya, kemudian bersihkan biji dari daging buahnya, dan cuci hingga bersih.

PEMERAMAN BIJI

Pemeraman biji delima dilakukan menggunakan tisu dan masukkan ke dalam plastik klip dan wadah yang memiliki tutup. Caranya susun berjajar biji delima pada tisu yang telah dibasahi, masukkan ke dalam plastik klip dan tutup rapat, masukkan ke dalam wadah yang memiliki tutup seperti toples. Tutup wadah tersebut dan diamkan pemeraman biji delima ini selama 9 hari. Setelah 9 hari pemeraman, biji delima sudah berkecambah dan siap dipindah tanam pada cup atau gelas plastik.

PENANAMAN BIJI

Setelah biji berkecambah saatnya untuk menanamnya dalam cup. Sebelum penanaman dilakukan terlebih dahulu siapkan media tanamnya. Media tanam yang digunakan adalah cocopeat.

Masukkan media tanam tersebut ke dalam cup atau wadah sejenisnya, dengan syarat wadah tersebut memiliki lubang-lubang kecil di bagian bawahnya untuk mengalirkan sisa air siraman agar tidak menggenang di dalamnya. Siram media tanam dalam cup cukup hingga lembab saja.

Buat 5-6 lubang tanam pada media, tanam biji pada lubang tanam tersebut dengan posisi bagian kecambah yang memanjang (akar) di bagian bawah. Usahakan dalam penanaman ini dilakukan dengan hati-hati jangan sampai kecambah rusak apalagi patah. Masukkan kembali cup penanaman ke dalam plastik klip dan tutup rapat.

Setelah berumur 17 hari sejak penanaman, biji sudah tumbuh dan memiliki 2 daun kecil, dan setelah 30 hari sejak penanaman, bibit telah tumbuh baik dan memiliki beberapa daun. Pada usia ini bibit sudah siap dilakukan pemisahan dengan menanamnya satu per satu pada cup.

PEMISAHAN BIBIT

Sebelum penanaman dilakukan terlebih dahulu siapkan media tanamnya. Adapun media tanam yang digunakan adalah tanah, cocopeat dan pasir dengan perbandingan 1:1:1. Campurkan semua bahan dengan mengaduknya hingga merata dan masukkan ke dalam cup.

Tanam satu bibit pada setiap cup secara hati-hati kemudian ikuti dengan penyiraman, tujuan pemisahan bibit ini adalah agar pertumbuhannya dapat optimal.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Buah Delima dari Biji, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman delima ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi : Channel Youtube Learnagro – Deepak Bhandari