Bayam merupakan salah satu sayuran memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, diantaranya memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, dan Vitamin A. Selain itu, bayam juga memiliki kandungan berbagai mineral seperti magnesium, asam folat, zat besi, potasium, kalsium dan sodium.

Untuk mendapatkan manfaat dari bayam yang cukup beragam tersebut, alangkah baiknya jika kita menanamnya sendiri, karena dengan menanam sendiri kita dapat menentukan pola penanaman secara organik sehingga bayam yang dihasilkan lebih aman untuk dikonsumsi dan lebih sehat tentunya.

Budidaya tanaman bayam secara organik cukup mudah, karena tanaman bayam tidak memiliki persyaratan penanaman yang rumit bahkan selain dapat ditanam langsung pada lahan, dapat pula ditanam dalam polybag.

Untuk mengetahui Cara Menanam Bayam di Polybag Secara Organik, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

PERSIAPAN BENIH

Sebelum memulai menanam bayam, hal penting yang harus dilakukan adalah memilih benih berkualitas unggul, karena benih unggul memiliki persentase tumbuh yang tinggi dan ketahanan yang baik terhadap serangan hama dan penyakit, sehingga keberhasilan budidayanya lebih tinggi. Benih bayam berkualitas unggul saat ini sangat mudah untuk didapatkan baik itu di toko pertanian di sekitar anda ataupun di toko online seperti SentraTani.com

PERSIAPAN MEDIA TANAM

Siapkan polybag sebagai wadah media tanam. Syarat polybag yang digunakan  adalah memiliki lubang-lubang kecil di bawahnya agar air siraman atau air hujan tidak menggenang di dalamnya.

Selanjutnya siapkan media tanam dengan komposisi tanah, arang sekam dan pupuk kompos/pupuk kandang fermentasi dengan perbandingan 1:1:1, tambahkan kapur pertanian/dolomit sebanyak 10% dari semua bahan, campurkan semua bahan dengan mengaduknya hingga merata, kemudian masukkan media tanam ke dalam polybag. Susun polybag dan letakkan di tempat yang mendapat sinar matahari pagi.

Kemudian lakukan penyiraman pada media tanam dalam polybag tersebut, pada air untuk menyiram sebaiknya ditambahkan EM4 dengan dosis 10 ml per 10 liter air.

TAHAP PENANAMAN DAN PERAWATAN

Benih bayam tidak melalui proses penyemaian, melainkan langsung ditanam pada media tanam.

Cara penanamannya adalah dengan menaburkan benih bayam pada polybag secara merata, jangan terlalu banyak agar populasi tidak terlalu padat, tutup benih dengan media tanam yang sama secara tipis kemudian disiram air, penyiraman dilakukan dengan pelan-pelan dan hati-hati agar benih tidak larut terbawa air.

Tutup polybag menggunakan plastik gelap selama 24 jam atau sehari semalam untuk mempercepat proses pertumbuhan biji. Setelah 1 hari tutup sudah dapat dibuka dan biji bayam sudah mulai tumbuh.

Selang 2-3 hari benih bayam sudah tumbuh merata, agar pertumbuhannya baik, kebutuhan air dan unsur haranya harus tercukupi.

Penyiraman cukup  dilakukan 1 kali sehari, yaitu pada pagi atau sore hari, lakukan pula pemupukan untuk memenuhi kebutuhan unsur haranya menggunakan POC atau pupuk organik cair.

Demikian ulasan cara menanam bayam di polybag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih bayam ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Anak Petani