Cara Menanam Anggur di Planter Bag

Tanaman buah anggur selain dapat ditanam di tanah secara langsung dapat pula ditanam di planter bag. Dan meskipun demikian jika perawatan dilakukan dengan benar tanaman anggur dapat tumbuh dan berbuah dengan optimal.

Membudidayakan anggur dalam planter bag ini memiliki beberapa keunggulan diantaranya dapat diletakkan di halaman rumah sehingga memudahkan dalam perawatan seperti penyiraman, pemupukan, pengendalian hama, serta tanaman dapat dipindah sesuai keinginan dan sebagainya.

Untuk mengetahui bagaimana cara menanam anggur di planter bag, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

TAHAP PERSIAPAN BIBIT

Bibit tanaman merupakan salah satu faktor  yang sangat menentukan tingkat keberhasilan dalam budidaya anggur. Terdapat dua jenis bibit tanaman, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi, stek dan penyambungan).

Untuk budidaya anggur di planterbag ini sebaiknya gunakan bibit hasil perbanyakan vegetatif. Kelebihan bibit hasil vegetatif yaitu sifat tanamannya bisa dipastikan, karena sama dengan sifat induknya dimana bibit ini diambil. Selain itu, bibit perbanyakan vegetatif lebih cepat berbuah jika dibandingkan bibit yang ditanam dari biji.

Pilihlah bibit yang pertumbuhannya baik, sehat, dan juga bebas dari hama dan penyakit tanaman.

Pada kesempatan kali ini bibit anggur yang akan kita ulas cara penanamannya adalah bibit anggur Yellow Belgia yang warna buahnya kuning kehijauan yang rasanya sangat manis.

PERSIAPAN PLANTERBAG DAN MEDIA TANAM

Siapkan planter bag dengan ukuran 75 liter atau 45x45cm sebagai wadah media tanam.

Syarat media tanam anggur dalam planter bag yaitu harus bisa menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Media tanam yang digunakan adalah tanah, kompos, pasir dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1:1 kemudian aduk semua bahan tersebut hingga tercampur merata.

TAHAP PENANAMAN BIBIT

  • Sebelum memasukkan media tanam pada planter bag, letakkan sabut kelapa yang telah dibelah/disobek-sobek dengan ukuran sedang sebagai alas media tanam dalam planter bag.
  • Kemudian isi dengan media tanam yang sudah disiapkan hingga setengah tinggi planter bag.
  • Buka plastik polybag pada bibit tanaman, letakkan tepat ditengah-tengah planter bag, atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam yang sama hingga pangkal batang.
  • Selanjutnya siram secukupnya dan cukup menggunakan air biasa saja, tanpa menggunakan pupuk apapun hingga tanaman anggur dapat menyesuaikan diri terlebih dahulu.
  • Letakkan di tempat yang teduh atau berikan naungan sementara agar tidak terkena sinar matahari secara  langsung untuk beradaptasi. Siram setiap pagi atau sore hari. Dan setelah satu minggu, baru diletakkan di tempat terbuka.
  • Jika bibit sudah tumbuh memanjang, ikatkan pada tiang rambatan atau ajir.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Anggur di Planter Bag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman anggur ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK

Bacaan Terkait

Stek Pucuk Black SapoteStek Pucuk Black Sapote

Stek pucuk merupakan salah satu metode dalam pembibitan atau perbanyakan tanaman secara vegetatif yang cukup populer dan banyak digunakan. Stek pucuk adalah metode perbanyakan tanaman dengan menanam potongan batang/pucuk tanaman