Cara Menanam Anggur Dalam Pot Agar Cepat Berbuah

Menanam tanaman buah dalam pot atau yang dikenal dengan tabulampot merupakan cara budidaya tanaman yang memanfaatkan media tanam terbatas yaitu dalam pot.

Begitu juga dengan buah anggur, selain dapat ditanam di lahan langsung, dapat pula ditanam pada pot sebagai tabulampot atau tanaman buah dalam pot.

Membudidayakan tanaman buah anggur dalam pot memiliki beberapa keunggulan diantaranya aplikasi pupuk dan penyiraman lebih terencana, sehingga kebutuhan nutrisi tanaman lebih optimal, penanggulangan hama dan penyakit lebih mudah dilakukan,  masa berbunga dan berbuah dapat diatur sehingga produksi buah tidak tergantung musim, tanaman dapat dipindah sesuai keinginan dan tentunya masih banyak lagi keunggulan membudidayakan tanaman dengan metode tabulampot ini.

Jika anda tertarik untuk melakukannya, mari simak Cara Menanam Anggur Dalam Pot Agar Cepat Berbuah berikut ini.

TAHAP PERSIAPAN BIBIT

Bibit tanaman merupakan hal  yang sangat menentukan tingkat keberhasilan tabulampot. Terdapat dua jenis bibit tanaman, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi, stek dan penyambungan).

Untuk budidaya tabulampot sebaiknya gunakan bibit hasil perbanyakan vegetatif. Kelebihan bibit hasil vegetatif yaitu sifat tanamannya bisa dipastikan, karena sama dengan sifat induknya. Sehingga keberhasilannya lebih mudah diprediksi. Selain itu, bibit perbanyakan vegetatif lebih cepat berbuah.

Pada kesempatan kali ini kita akan menanam bibit anggur merah hasil perbanyakan dengan cara stek pada polybag.

Pilihlah bibit yang kita tahu persis sifat-sifatnya, sehat, dan juga bebas dari hama dan penyakit tanaman.

MENYIAPKAN TEMPAT TANAM/POT

Siapkan pot dengan ukuran yang disesuaikan dengan ukuran tanaman. Jika bibit tanaman masih berukuran kecil sebaiknya dimulai dari ukuran pot yang kecil. Sehingga apabila tanaman semakin besar pot bisa diganti, sekaligus sebagai penanda untuk meremajakan media tanam.

Hal penting yang harus diperhatikan dalam pemilihan pot adalah pastikan bahwa pot tersebut memiliki lubang di dasar pot yang berfungsi mengalirkan sisa air setelah penyiraman agar akar tidak terendam.

Jenis pot bisa terbuat dari tanah liat, logam (drum), plastik, semen atau kayu. Pot dari berbahan tanah liat dan kayu sangat baik untuk tabulampot karena memiliki pori-pori sehingga kelembaban dan temperatur media tanam lebih stabil. Namun kelemahannya bahan-bahan tersebut tidak tahan lama.

Wadah tabulampot yang baik harus memiliki kaki atau alas yang memisahkan dasar pot dengan tanah. Hal ini penting untuk aliran drainase dan memudahkan pengawasan agar akar tanaman tidak menembus tanah, jika pot yang anda miliki tidak memiliki kaki, gunakan batu-bata atau yang sejenisnya untuk mengganti kaki pot.

MENYIAPKAN MEDIA TANAM

Syarat media tanam tabulampot anggur yaitu harus bisa menyimpan air dan memasok nutrisi yang dibutuhkan tanaman.

Media tanam yang sering digunakan antara lain campuran tanah, kompos/pupuk kandang dan sekam dengan komposisi 1:1:1 kemudian aduk hingga merata.

TAHAP PENANAMAN BIBIT

  • Siapkan bahan-bahan media tanam, kemudian ayak dan buang kerikil-kerikil jika ada di dalamnya.
  • Sebelum memasukkan media tanam pada pot, letakkan pecahan genteng atau potongan-potongan sterofoam pada dasar pot, satu lapis saja. Bisa juga juga ditambahkan satu lapis ijuk atau sabut kelapa.
  • Kemudian isi dengan media tanam yang sudah disiapkan hingga setengah tinggi pot.
  • Buka plastik polybag pada bibit tanaman, letakkan tepat ditengah-tengah pot, atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam yang sama hingga pangkal batang.
  • Pasang ajir berbahan bambu atau sejenisnya untuk merambatkan batang tanaman anggur sebanyak 3 buh, caranya lubangi bibir pot sebanyak 3 lubang di sekeliling bibir pot dengan ukuran disesuaikan dengan besar ajir, masukkan ajir ke dalam lubang tersebut, ikat bagian bawahnya pada pot, satukan dan ikat bagian ujungnya hingga membentuk huruf A, ikat pula bagian tengahnya. Rambatkan tanaman anggur pada ajir tersebut dengan cara mengikat batangnya.
  • Siram media pada pot hingga benar benar basah dan merata.
  • Simpan tabulampot di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara  langsung untuk beradaptasi. Siram setiap pagi atau sore hari. Setelah satu minggu, letakkan tabulampot di tempat terbuka.

Demikian ulasan mengenai Cara Menanam Anggur Dalam Pot Agar Cepat Berbuah, semoga artikel ini bisa menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit anggur ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube tani bibit