Cara Menanam Alpukat Miki dalam Pot

Alpukat miki merupakan jenis alpukat unggulan Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Alpukat miki banyak disukai karena rasanya yang enak, dengan daging pulen dan warna kuning pekat. Selain itu alpukat miki juga dikenal sebagai tanaman yang genjah atau mudah berbuah juga tahan terhadap serangan hama ulat.

Jika anda tertarik untuk membudidayakannya namun tidak memiliki lahan, hal itu bukan menjadi kendala, karena alpukat miki selain dapat ditanam pada lahan juga dapat ditanam pada pot. Bagaimana caranya? berikut ini kami ulas mengenai Cara Menanam Alpukat Miki dalam Pot.

SIAPKAN BIBIT

Pemilihan bibit merupakan faktor penting yang menjadi salah satu penunjang keberhasilan budidayanya. Karena dengan pemilihan bibit yang tepat tanaman alpukat miki yang ditanam dapat tumbuh optimal, cepat berbuah dengan postur yang tidak begitu tinggi.

Untuk ditanam dalam pot, sebaiknya menggunakan bibit alpukat hasil perbanyakan vegetatif seperti cangkok, sambung pucuk, okulasi dan sebagainya.

PERSIAPAN POT DAN MEDIA TANAM

Untuk menanam alpukat miki, pilihlah pot yang berukuran besar atau memiliki diameter yang besar dan yang terpenting terdapat lubang pada bagian dasarnya untuk sirkulasi air, atau mengalirkan kelebihan air siraman.

Setelah pot siap, selanjutnya isi dengan media tanam berupa campuran tanah gembur yang subur, pupuk kandang yang telah matang dengan perbandingan 1:1, campurkan dengan mengaduknya hingga merata.

Related Post

Sambil mengaduk tambahkan pula 2 genggam ZPT berbentuk serbuk (biasanya banyak dijual di toko-toko pertanian), untuk ditaburkan pada media tanam sebanyak untuk 1 pot. Tujuannya agar tanaman alpukat yang ditanam pada pot tersebut dapat tumbuh optimal.  Mengingat sumber nutrisi ataupun unsur hara hanya dapat diperoleh dari media dalam pot tersebut.

PENANAMAN

Masukkan media tanam yang telah disiapkan ke dalam pot hingga setengahnya. Buka polybag bibit, namun lakukan dengan hati-hati, usahakan media tanam dalam polybag tersebut tidak pecah atau hancur, karena media tersebut berfungsi sebagai bahan makanan awal sampai akar tanaman alpukat menjulur dan beradaptasi.

Masukkan bibit tepat ditengah pot, atur peletakan agar bibit tegak lurus dan tidak miring. Timbun kembali dengan media tanam yang sama hingga pangkal bibit, sedikit padatkan terutama di pinggir dalam pot agar bibit erat tertanam, kemudian siram secukupnya.

Untuk menjaga kelembaban media tanam dalam pot terutama pada saat musim kemarau, berikan mulsa organik diatas media tanam berupa jerami atau rumput kering.

Demikian ulasan mengenai cara menanam alpukat miki dalam pot, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit alpukat miki ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Hijau Buah