Cara Menanam Alpukat Dari Biji Agar Cepat Berbuah

Jika kita membeli buah alpukat dari pasar atau toko buah, setelah buahnya dikonsumsi, bijinya jangan dibuang. Biji alpukat tersebut dapat dimanfaatkan untuk dijadikan bibit dan ditanam. Dan dengan menerapkan teknik tertentu seperti penyambungan pohon alpukat yang ditanam dari biji bisa lebih cepat berbuah.

Nah, tanpa perlu panjang lebar, berikut ini kami ulas mengenai bagaimana Cara Menanam Alpukat Dari Biji Agar Cepat Berbuah.

PENANAMAN BIJI

Sebagaimana disebutkan diatas bahwa biji alpukat yang akan ditanam dapat diperoleh dari buah yang baru kita konsumsi, baik itu buah yang dibeli di pasar, toko buah atau hasil panen sendiri.

Keluarkan biji alpukat dari daging buahnya, dengan cara membelah buah menggunakan pisau, lakukan dengan hati-hati agar tidak melukai biji, kemudian cuci hingga bersih dan keringkan menggunakan tisu atau lap.

Siapkan media tanamnya yaitu berupa tanah dengan sedikit kompos dan sekam, masukkan ke dalam polybag ukuran kecil saja yaitu ukuran 10. Tanam biji hingga terbenam separuhnya saja, dengan posisi tegak lurus dengan bagian lancip bibit berada di atas.

Setelah 1 minggu dari penanaman, biji akan mulai merekah dan beberapa hari kemudian mulai muncul tunas. Dan setelah 1 bulan dari penanaman biji, bibit alpukat sudah tumbuh tinggi dan siap dilakukan penyambungan dengan metode sambung pucuk atau grafting misalnya, dengan entres dari alpukat jenis unggul. Tujuan penyambungan ini tidak lain adalah agar tanaman alpukat nantinya lebih cepat berbuah dan memiliki kualitas yang unggul.

Penyambungan pada bibit dengan usia yang masih muda yaitu 1 bulan ini meskipun memiliki tingkat kesulitan yang lebih, namun memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

TAHAP PENYAMBUNGAN

Setelah bibit alpukat yang ditanam dari biji siap, tahap selanjutnya adalah menyiapkan entres dari pohon induk untuk digunakan sebagai batang atas dalam penyambungan.

Pohon induk yang akan diambil batang atasnya harus berasal dari varietas unggul, produktif, sehat serta terbebas dari serangan hama dan penyakit.

Pilih entres dari pohon induk berupa cabang yang ujungnya tidak sedang tumbuh (tidak terdapat daun muda) atau disebut dengan cabang dorman yang ditandai dengan daun berwarna hijau tua. Potong entres pilihan sepanjang 10-15 cm, kemudian pangkas semua daunnya untuk mengurangi penguapan.

Related Post

Potong batang bawah kurang lebih 20-25 cm dari permukaan tanah. Batang bagian bawah dibelah sekitar 2-2,5 cm tepat di tengah sehingga kedua sisinya sama.

Entres yang sudah siap untuk disambungkan kemudian disayat kanan kirinya agar membentuk lancip seperti baji

Sisipkan pada belahan batang bawah, dan agar dapat tersambung sempurna, upayakan ukuran batang atas dan bawah sama.

Ikat sambungan menggunakan grafting tape, plastik es tersebut dan tali sejenisnya dengan cara melilitnya yang dimulai dari bagian bawah sambungan hingga sambungan tertutup rapat.

Sungkup entres menggunakan plastik transparan. Ikat bagian bawah plastik sungkup untuk menjaga kelembaban agar entres tidak kering. Letakkanlah di area yang tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Dalam waktu 1 bulan jika penyambungan berhasil biasanya akan tumbuh tunas-tunas baru. Dan setelah tunas tumbuh dengan baik tali pengikat sudah dapat dibuka agar pertumbuhannya tidak terganggu.

Rawat bibit hingga bijinya terlepas dan tumbuh menjadi batang sempurna, dan setelah kurang lebih berusia 6 bulan dengan pertubuhan yang baik, bibit alpukat hasil penyambungan sudah dapat dipindah tanam baik itu ditanam pada pot atau ditanam langsung pada lahan.

Dengan melakukan sambung pucuk maka bibit yang ditanam dari biji tersebut dapat lebih cepat berbuah dan degan kualitas buah yang unggul sesuai dengan entres yang disambungkan. Berbeda dengan bibit yang ditanam dari biji namun tanpa sambung pucuk, karena memiliki waktu berbuah yang cukup lama, pohon tumbuh tinggi dan meskipun berbuah tidak jarang sifatnya menyimpang dari tanaman induknya.

Demikian ulasan mengenai Cara Sambung Pucuk Tanaman Alpukat, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit alpukat maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube Kebun Indra Tarigan