Cara Memperbanyak Mikoriza

Mikoriza merupakan cendawan atau jamur yang bersimbiosis dengan akar tanaman. Hifa yang ada pada mikoriza ini nantinya akan mengkolonisasi pada jaringan korteks tanaman selama masa pertumbuhan aktif tanaman.

Berdasarkan jenisnya, jamur mikoriza ini terbagi menjadi 2 yaitu ektomikoriza dan endomikoriza. Jamur mikoriza yang paling banyak diteliti adalah adalah jenis endomikoriza, salah satu contohnya adalah mikoriza arbuskular.

Hubungan antara jamur mikoriza dengan tanaman bersifat simbiosis mutualisme atau saling menguntungkan, dimana tanaman ini akan menyediakan asam organik serta karbohidrat yang dibutuhkan oleh mikoriza untuk pertumbuhannya. Disamping itu, mikoriza akan memperluas penyerapan akar oleh miseliumnya, sehingga penyerapan hara terutama fosfat oleh tanaman menjadi lebih besar. Oleh karena itu antara mikoriza dan tanaman keduanya saling memberikan manfaat dari hubungan tersebut.

Setelah pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai bagaimana cara membuat dan manfaat mikoriza, pada kesempatan kali ini akan kita ulas mengenai bagaimana cara memperbanyak mikoriza tersebut secara mandiri, berikut ini penjelasan selengkapnya.

Perbanyakan mikoriza secara mandiri ini menjadi pilihan untuk memperoleh mikoriza dalam jumlah banyak namun lebih ekonomis dan mudah. Hal ini karena jika kita membuat mikoriza ini sendiri dari awal akan membutuhkan waktu yang lumayan lama yaitu 3 bulan dan membutuhkan musim kemarau, karena pada musim hujan sulit menemukan jamur mikoriza di alam. Adapun jika menggunakan mikoriza pabrikan dalam kuantitas banyak tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah untuk menyiasati supaya kita bisa mendapatkan mikoriza dalam jumlah banyak dengan lebih praktis dan ekonomis namun tanpa mengurangi kualitas mikoriza itu sendiri, caranya adalah dengan melakukan perbanyakan mikoriza pabrikan yang dapat dibeli di toko-toko pertanian dengan teknik dan bahan-bahan tertentu.

BAHAN DAN ALAT

  • Jamur mikoriza pabrikan yang dapat dibeli di toko-toko pertanian
  • Air cucian beras
  • Gula
  • Botol air mineral kapasitas 1,5 liter

CARA PEMBUATAN

Langkah pertama, masukkan 1 sendok makan mikoriza pabrikan ke dalam botol, tambahkan 1 sendok makan gula, tambahkan pula 1 liter air cucian beras lalu tutup rapat dan kemudian kocok hingga larut merata. Diamkan selama 4-5 hari agar jamur mikoriza berkambang dalam larutan air cucian beras dan gula. Dan setelah 5 hari biasanya jamur mikoriza sudah berkembang biak yang ditandai dengan aromanya yang menyerupai tape saat tutup dibuka, dan jamur mikoriza sudah dapat diaplikasikan pada media tanam.

Namun jika ingin memperbanyak jamur mikoriza ini lebih lanjut, anda tidak perlu mengulanginya dari awal, akan tetapi cukup menggunakan mikoriza hasil perbanyakan tersebut diatas sebagai biangnya.

Caranya adalah dengan menyiapkan air cucian beras dengan jumlah yang lebih banyak, misalnya 1 galon air mineral besar kemudian tambahkan mikoriza hasil perbanyakan yang sudah jadi tersebut diatas ke dalamnya dan tambahkan pula gula secukupnya, lalu aduk merata, tutup rapat dan diamkan selama 4-5 hari.

Dan langkah tersebut dapat dilakukan kembali jika akan memperbanyak mikoriza dalam jumlah yang lebih besar lagi.

Demikian ulasan mengenai cara memperbanyak mikoriza, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube porang jahe merah organik