Pucuk tanaman ubi jalar memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman, diantaranya adalah fitohormon berupa auksin dan giberelin, vitamin B1 (thiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B6 (piridoksin), karbohidrat, protein, kalsium dan zat besi, sehingga pucuk tanaman ubi jalar ini sangat baik untuk diolah menjadi ZPT.

ZPT dari bahan utama pucuk tanaman ubi jalar berfungsi untuk memacu perkecambahan benih tanaman, merangsang dan memacu perakaran tanaman, merangsang dan memacu pertumbuhan pucuk baru tanamanĀ  baik itu tanaman baru ataupun tanaman yang sudah lama, memacu pembungaan dan mencegah kerontokan bunga, memperbesar dan menambah bobot buah serta menambah ukuran postur tanaman.

Untuk mengetahui cara membuat ZPT dari pucuk tanaman ubi jalar, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • 500 gram pucuk tanaman ubi jalar
  • 100 ml atau 10 tutup botol kemasan EM4 Pertanian sebagai dekomposer (mikroorganisme/mikroba pengurai) untuk mempercepat proses fermentasi atau bisa juga menggunakan MOL (mikroorganisme lokal).
  • 100 gram gula merah, gula pasir atau molase sebagai sumber makanan bagi mikroba pengurai
  • 1 liter air matang atau air mineral
  • Botol bekas air mineral ukuran 1,5 liter, blender/alat penumbuk, ember atau baskom.

TAHAP PEMBUATAN

  • Haluskan pucuk tanaman ubi jalar menggunakan alat penumbuk atau blender, caranya potong-potong terlebih dahulu menjadi bagian-bagian yang lebih kecil untuk memudahkan penghalusan.
  • Setelah halus masukkan ke dalam botol yang telah disiapkan.
  • Haluskan gula merah dengan cara mencacahnya kemudian cairkan atau larutkan menggunakan sedikit air yang telah disiapkan
  • Tambahkan 10 tutup botol EM4 pertanian pada cairan gula, aduk hingga merata, kemudian masukkan ke dalam botol berisi pucuk tanaman ubi jalar yang telah dihaluskan.
  • Tambahkan air matang yang telah disiapkan ke dalam botol atau wadah kedap udara lainnya hingga hampir penuh dengan menyisakan sedikit ruang kosong, kemudian tutup rapat.
  • Diamkan selama 7-14 hari untuk proses fermentasi, tutup dibuka setiap 2 hari secara berkala untuk mengeluarkan gas dari hasil proses fermentasi.
  • Setelah 7-14 hari ZPT dari bahan lidah buaya dan air kelapa siap digunakan yang ditandai tidak adanya gas yang keluar saat tutup botol dibuka.

DOSIS DAN CARA APLIKASI

Cara aplikasi ZPT dari pucuk tanaman ubi jalar dapat dilakukan dengan berbagai cara dan keperluan.

Untuk disemprotkan pada daun tanaman dosisnya adalah 20-30 ml ZPT per tangki semprot, Untuk perendaman benih dosisnya adalah 3 tetes ZPT per liter air, untuk pencangkokan cukup oleskan langsung ZPT ini pada batang yang akan dicangkok, sedangkan untuk membasahi media pembungkus cangkok dosisnya adalah 10 ml ZPT per liter air, untuk merendam batang bibit stek dosisnya adalah 5 tetes ZPT per liter air dan direndam selama 6-12 jam, adapun untuk aplikasi secara kocor dosisnya adalah 50 ml per 10 liter air.

ZPT dari pucuk daun ubi jalar ini dapat disimpan maksimal selama 6 bulan akan tetapi harus diletakkan di tempat teduh dan terhindar dari sinar matahari dan hujan, dan setelah itu kandungan ZPT tersebut akan semakin berkurang dan lama-kelamaan tidak berfungsi lagi.

Demikian ulasan mengenai cara membuat ZPT dari Pucuk tanaman ubi jalar, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli ZPT, EM4, molase ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK