Untuk membuat ramuan perangsang akar tanaman, bahan yang dibutuhkan adalah bawang merah dan tauge atau kecambah dari kacang hijau.

Bawang merah dapat digunakan sebagai bahan dalam pembuatan ramuan perangsang akar ini karena pada bawang merah mengandung ZPT Auksin, Giberelin dan Rhizokalin yang dapat merangsang pertumbuhan akar tanaman. Selain itu bawang merah juga mengandung Vitamin B1 (Thiamin) dan Allicin yang berguna untuk pertumbuhan tunas.

Sedangkan tauge atau kecambah kacang hijau mengandung hormon auksin dan giberelin yang sangat bagus untuk merangsang pertumbuhan akar pada tanaman.

Melihat dari kandungan kedua bahan tersebut dapat disimpulkan bahwa bawang merah dan tauge sangat baik untuk diolah menjadi ramuan perangsang akar pada tanaman, sehingga pertumbuhan akar pada tanaman tersebut dapat optimal.

Untuk mengetahui Cara Membuat Ramuan Perangsang Akar Tanaman, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • 5 butir bawang merah
  • 1 genggam tauge atau kecambah kacang hijau
  • 1 liter air bersih
  • Blender

PROSES PEMBUATANĀ 

Tahap pertama, haluskan 5 butir bawang merah dan 1 genggam tauge, masukkan kedua bahan tersebut ke dalam blender, untuk memudahkan dalam pemblenderan tambahkan sedikit air dan blender hingga benar-benar halus.

Masukkan larutan bawang merah dan tauge tersebut ke dalam wadah kemudian tambahkan air hingga 1 liter, aduk sampai tercampur merata.

Sebelum digunakan, diamkan larutan tersebut selama kurang lebih 2 jam dan ramuan perangsang akar tanaman dari bahan bawang merah dan tauge siap digunakan.

CARA APLIKASI

Ramuan perangsang akar tanaman ini salah satunya dapat diaplikasikan pada batang tanaman yang akan di stek. Sebagaimana telah kita ketahui bahwa stek adalah menanam batang atau pucuk dari tanaman induk untuk ditumbuhkan menjadi tanaman yang baru, sehingga dengan menggunakan ramuan perangsang akar ini, keberhasilannya lebih tinggi.

Cara penggunaannya adalah dengan cara merendam batang stek (baik itu tanaman hias, sayuran ataupun tanaman buah) pada perangsang akar tersebut selama kurang lebih 20 menit, dan batang stek siap ditanam pada media tanamnya.

Selain diaplikasikan pada stek batang perangsang akar ini juga dapat diaplikasikan pada benih/biji yang akan ditanam/disemai. Caranya yaitu dengan merendamnya ke dalam perangsang akar tersebut selama kurang lebih 20 menit sebelum benih ditanam/disemaikan.

Demikian ulasan mengenai cara membuat ramuan perangsang akar tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli ZPT, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK