Ikan yang yang sudah tidak layak konsumsi atau busuk jangan dibuang begitu saja karena masih dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik cair (POC) yang sangat baik untuk tanaman, tertentunya tidak langsung diaplikasikan pada tanaman, akan tetapi perlu dilakukan proses-proses tertentu hingga siap digunakan untuk memupuk tanaman. Selain itu limbah ikan juga bisa berasal dari pemotongan, pencucian, dan pengolahan produk ikan.

Limbah ikan ini dinilai baik untuk dijadikan pupuk karena terdapat kandungan berupa FAA (fish amino acid) yang kaya akan nitrogen, kalium dan unsur-unsur mikro yang diperlukan tanaman untuk tumbuh subur.

Dari hasil penelitian, POC ikan ini sangat baik untuk kesuburan tanaman serta merangsang pembungaan, meningkatkan hasil buah serta meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit.

Untuk mengetahui cara membuat pupuk organik cair dari limbah ikan, silakan simak penjelasannya berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • Ikan tidak layak konsumsi
  • Gula merah yang dicairkan
  • EM 4 atau Pupuk hayati
  • Ember
  • Plastik dan tali untuk menutup ember

CARA MEMBUAT

Siapkan ikan tidak layak konsumsi atau limbah ikan sebanyak 2 kg, tambahkan 1 liter air, potong kecil dan hancurkan ikan-ikan tersebut hingga halus seperti bubur.

Setelah halus masukkan bubur ikan tersebut ke dalam wadah/ember.

Tambahkan gula merah yang telah dicairkan sebanyak 2 liter.

Tambahkan EM 4 atau pupuk hayati sebanyak 5 tutup botolnya.

Aduk semua bahan hingga merata.

Tutup wadah atau ember menggunakan plastik, ikat hingga benar-benar rapat untuk proses fermentasi.

Simpan dan diamkan fermentasi POC ikan tersebut selama 1-2 bulan atau lebih, lebih lama akan lebih baik.

POC ikan fermentasi yang sudah jadi dan siap pakai sudah tidak mengeluarkan bau busuk.

Yang perlu diingat bahwa dalam proses pembuatan POC ikan ini sebaiknya dilakukan jauh dari pemukiman, karena dalam proses fermentasi berlangsung akan mengeluarkan bau busuk yang cukup menyengat.

DOSIS DAN CARA APLIKASI

Adapun dosis dalam mengaplikasikan POC ikan ini adalah 100-200 ml/10 liter air.

Sedangkan cara aplikasinya yaitu dengan mencampurkan POC ikan tersebut dengan air bersih sesuai dosis, aduk hingga merata. Aplikasinya dapat dilakukan dengan cara menyemprotkan atau menyiramkannya pada tanaman. Pemberian POC pada tanaman dilakukan setiap 1 minggu sekali dan sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk Organik Cair Dari Limbah Ikan, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN