Masa berbuah merupakan waktu yang ditunggu-tunggu dalam budidaya tanaman buah, tak terkecuali bagi anda yang menanam tanaman buah jeruk sunkist yang ditanam dalam pot atau planterbag misalnya. Terlebih tanaman jeruk yang baru ditanam dan belum pernah berbuah sebelumnya.

Cara membuahkan jeruk diawali dengan mempercepat proses pembungaan, proses ini dapat dilakukan manakala tanaman telah memasuki fase generatif yang ditandai dengan tidak munculnya tunas muda, sekitar usia 10 bulan sejak penanaman bibit ( bibit tanaman merupakan bibit hasil okulasi ) akan tetapi tanaman tidak kunjung berbunga dan berbuah.

Untuk mengetahui penjelasan lengkap mengenai cara membuahkan jeruk sunkist yang ditanam dalam pot/planterbag, silakan simak ulasannya berikut ini.

STRES AIR

Stres air dilakukan dengan cara menghentikan penyiraman hingga tanaman terlihat layu. Penghentian penyiraman biasanya dilakukan 3—7 hari, tergantung pada cuaca dan jenis tabulampot. Setelah tanaman layu baru dilakukan penyiraman secukupnya saja hanya untuk pemulihan tanaman agar segar kembali. Proses ini dilakukan selama 1 bulan. Jika perlakuan stres air dilakukan pada musim hujan, caranya adalah dengan menutup media tanam pada pot menggunakan tripleks atau seng.

Setelah adanya bakal bunga, pastikan tanaman selalu disiram secara rutin hingga saatnya panen buah dari tanaman jeruk sunkist tersebut.

PEMANGKASAN/PRUNING

Lakukan pemangkasan pada pucuk-pucuk tanaman dan juga tunas air, salah satu alasannya adalah karena nutrisi akan terserap untuk pertumbuhan tunas air tersebut. Sehingga pembentukan bunga dan buah tidak maksimal.

Oleh karena itu pemangkasan tunas air penting untuk dilakukan, agar penyerapan nutrisi terfokus pada proses pembungaan dan pembuahan.

PEMUPUKAN

Pemupukan disini berfungsi untuk pemboosteran, pemupukan booster ini dilakukan pada saat tanaman memasuki masa dormansi atau tidak memiliki daun muda atau tidak sedang tumbuh pupus baru.

Pupuk yang diberikan yaitu berupa pupuk booster dengan kandungan unsur P dan K yang tinggi dan dipadukan dengan pupuk organik cair berupa POC ikan (pupuk organik cair dari limbah ikan yang telah difermentasi).

Adapun dosis pupuk dan cara aplikasinya adalah sebagai berikut :

  1. POC ikan dengan dosis 250 ml/5 liter air
  2. Pupuk NPK Booster dengan kandungan N 12%, P2O5 6%, K2O 22%, MgO 3% dengan dosis 4 sendok makan/ 5 liter air

Campurkan pupuk-pupuk tersebut dengan 5 liter air, aduk hingga merata. Cara aplikasinya yaitu dengan cara dikocorkan di sekitar pangkal tanaman.

Dosis 5 liter ini untuk diberikan pada 1 tanaman dengan interval 2 minggu sekali.

Setelah 2 bulan dari perlakuan tersebut di atas, biasanya tanaman jeruk sunkist sudah mulai mengeluarkan bunga bersamaan dengan tunas muda baru.

Demikian ulasan mengenai cara membuahkan jeruk sunkist yang ditanam dalam pot/planterbag, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit tanaman jeruk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN