Pupuk organik cair atau POC dapat dibuat dengan cara dan bahan-bahan sederhana yang dapat dengan mudah kita dapatkan, salah satunya adalah menggunakan air cucian beras yang mana hampir setiap hari selalu tersedia.

Air cucian beras yang biasanya dibuang percuma ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan untuk membuat POC, karena air cucian beras atau yang biasa disebut dengan air leri ini mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tanaman sehingga bisa menjadikan tanaman lebih subur.

Diantara kandungannya adalah 90% karbohidrat yang berupa pati, vitamin, mineral serta berbagai protein. Karbohidrat dalam jumlah yang tinggi akan membantu proses terbentuknya hormon tumbuh berupa Auksin, Giberelin dan Alanin. Ketiga jenis hormon tersebut bertugas merangsang pertumbuhan pucuk daun, mengangkut makanan ke sel-sel terpenting daun dan batang. Selain itu air cucian beras juga mengandung mengandung vitamin B1, vitamin K, protein, besi, kalsium, fosfor, boron dan juga nitrogen.

Selain nutrisi, air cucian beras juga mengandung beberapa jenis bakteri yang bermanfaat untuk tanaman. Kehadiran bakteri baik tersebut juga bisa mencegah kehadiran hama jenis kutu-kutuan dengan cara memecahkan sel telurnya sebelum menjadi hama, tentunya selain tanaman menjadi subur dan segar, penggunaan pupuk dari air cucian beras juga dapat meningkatkan imunitas tanaman terhadap serangan hama.

Untuk mengetahui Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Air Cucian Beras, silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  1.  Air cucian beras bilasan pertama kali sebanyak 1 liter
  2. EM 4 pertanian sebagai starter
  3. Molase, gula pasir atau gula merah
  4. Jerigen

CARA PEMBUATAN

  • Tuangkan air cucian beras ke dalam wadah baskom atau ember.
  • Tambahkan EM4 sebagai starter dalam pembuatan POC, Em4 ini mengandung jenis bakteri baik yang bermanfaat, adapun dosisnya adalah 2 tutup botol per liter air cucian beras.
  • Tambahkan juga molase dengan dosis 1 tutup botol per liter air cucian beras. Molase ini berfungsi sebagai sumber energi bagi bakteri, dan jika tidak ada molase bisa menggunakan gula merah atau gula pasir sebanyak 100 gram.
  • Aduk semua bahan hingga merata dan masukkan ke dalam jerigen tertutup. Jerigen yang digunakan harus dimodifikasi dengan menambahkan selang yang dihubungkan ke botol kecil untuk tempat pembuangan gas yang ditimbulkan oleh proses fermentasi.
  • Lakukan pengocokan berkala selama proses fermentasi yaitu sekitar 1 minggu.
  • Fermentasi POC air cucian beras yang berhasil ditandai dengan aroma seperti tape, dan jika gagal memiliki bau tidak sedap.
  • Setelah satu minggu POC air cucian beras sudah dapat digunakan.

CARA APLIKASI PADA TANAMAN

Aplikasi POC air cucian beras pada tanaman dilakukan dengan mengocorkannya pada pangkal tanaman dengan interval 3 hari sekali. Sedangkan dosisnya adalah 100 ml untuk dilarutkan dengan 10 liter air, tambahkan pula 2 tutup botol molase kemudian aduk hingga merata dan POC air cucian beras siap diaplikasikan. Adapun dosis per tanamannya adalah 100-150 ml untuk tanaman pada masa vegetatif, generatif ataupun pembesaran buah dan dapat diaplikasikan pada tanaman sejak usia 7 HST.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Air Cucian Beras, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli EM4, molase, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Cara Bertani Organik