Cara Membuat Pestisida dari Daun Kelor

Dari sekian banyak jenis bahan organik yang dapat dijadikan sebagai pestisida diantaranya adalah daun kelor.

Daun Kelor memiliki beberapa kandungan yaitu tanin dan flavonoid. Tanin adalah senyawa yang mempunyai rasa pahit yang dapat menurunkan kemampuan pencernaan pada serangga dengan menurunkan aktivitas enzim amilase sehingga menyebabkan hama tidak nafsu makan.

Sedangkan flavonoid adalah senyawa yang mudah larut dalam air yang berfungsi sebagai antimikroba dan antivirus dengan menurunkan aktivitas syaraf pada sistem pernapasan yang menghambat terjadinya reaksi oksidasi sehingga kadar CO2 melebihi O2 dan hama seperti ulat akan kekurangan oksigen.

Dengan kandungannya tersebut maka daun kelor sangat efektif untuk dijadikan sebagai bahan untuk membuat pestisida nabati, terutama untuk sasaran utama berupa ulat krop.

Ulat krop atau crocidolomia pavonana merupakan hama penting pada tanaman sayuran famili Brassicaceae. Larva instar awal hidup bergerombol di permukaan bawah daun dan instar akhir biasanya menyerang krop kubis.

Untuk mengetahui bagaimana cara membuat pestisida dari daun kelor, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

BAHAN DAN ALAT

  • 250 gram daun kelor, daunnya saja tanpa tangkai daun dan rantingnya
  • ¬†250 ml air bersih
  • Blender
  • Saringan

CARA MEMBUAT

Selain bahan-bahannya yang sederhana dan mudah diperoleh cara membuatnya pun cukup sederhana pula. Caranya yaitu  terlebih dahulu pisahkan daun kelor dari tangkainya. Siapkan blender, masukkan daun kelor ke dalam blender, tambahkan air lalu blender hingga halus.

Setelah halus, pisahkan ekstrak dari daun kelor dengan ampasnya dengan cara menyaringnya. Selanjutnya masukkan ekstrak daun kelor tersebut ke dalam wadah dan tutup rapat, lalu diamkan selama 24 jam dan ekstrak daun kelor tersebut sudah dapat digunakan sebagai pestisida nabati.

Cara aplikasinya cukup mudah yaitu dengan menyemprotkannya ke seluruh bagian tanaman terutama pada daun baik itu bagian atas ataupun bawahnya.

Demikian ulasan mengenai cara membuat pestisida daun dari kelor, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pestisida baik itu pestisida organik ataupun pestisida kimia dan juga perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube galuhcahya ningrum