Dalam dunia pertanian organik salah satu bahan yang sangat diperlukan dan dibutuhkan karena peranannya sangat vital adalah molase atau tetes tebu.

Molase atau dalam bahasa Inggris disebut molasses merupakan produk sampingan dari industri pengolahan gula yang masih mengandung gula dan asam-asam organik. Molase yang dihasilkan oleh industri gula tebu di Indonesia dikenal dengan nama tetes tebu. Molase atau tetes tebu berbentuk cairan kental berwarna coklat.

Molase berperan sebagai sumber glukosa yang menjadi sumber energi dan makanan bagi mikroorganisme berupa bakteri maupun jamur dalam bahan-bahan organik yang digunakan oleh petani.

Molase dapat dijumpai dengan mudah di pasar atau toko-toko pertanian di daerah-daerah tertentu yang dekat dengan pabrik gula dan juga dapat dibeli dengan harga yang murah. Akan tetapi di beberapa daerah yang tidak terdapat pabrik gula, molase merupakan barang yang sulit untuk ditemukan. Maka dari itu sangat diperlukan adanya bahan alternatif pengganti molase tersebut.

Apa saja bahan alternatif pengganti molase tersebut dan bagaimana cara membuatnya, silakan simak mengenai cara membuat molase alternatif pada artikel berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  •  ½ kg gula merah
  •  ½ kg gula pasir
  • 1 liter air bersih atau air sumur
  • Alat memasak seperti kompor dan panci

PROSES PEMBUATAN

Rebus 1 liter air bersih hingga mendidih, sambil menunggu air mendidih, haluskan gula merah terlebih dahulu agar nantinya lebih mudah larut ke dalam air.

Setelah air mendidih, masukkan gula pasir dan gula merah yang telah dihaluskan, aduk-aduk hingga benar-benar larut, setelah itu diamkan beberapa saat hingga menjadi dingin. Bahan alternatif pengganti molase sudah siap digunakan atau jika ingin disimpan untuk digunakan di kemudian hari dapat menggunakan botol sebagai tempat menyimpan.

Dari takaran bahan-bahan seperti di atas dapat menghasilkan kurang lebih 1,5 liter bahan alternatif pengganti molase.

Demikian ulasan mengenai cara membuat molase alternatif, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli molase ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK