MOL atau Mikro Organisme Lokal adalah mikroorganisme yang dimanfaatkan sebagai starter dalam penguraian atau fermentasi bahan organik dalam proses pembuatan pupuk organik baik itu pupuk padat maupun pupuk cair. Komponen utama dalam pembuatan MOL yang harus dipenuhi adalah karbohidrat, glukosa, dan sumber mikroorganisme.

Bahan utama dalam pembuatan MOL sangat beragam, diantaranya adalah nasi basi. Nasi basi ini dapat digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan MOL karena dalam nasi basi terdapat jamur trichoderma, dimana jamur ini merupakan bahan organik yang berperan penting dalam pembuatan MOL atau sebagai sumber mikroorganisme.

Manfaat MOL nasi basi ini cukup banyak, diantaranya adalah sebagai dekomposer alternatif pengganti EM4 dalam pembuatan pupuk kompos atau dapat diaplikasikan langsung pada tanaman sebagai sumber nutrisi dan pelindung tanaman dari serangan jamur dan bakteri patogen.

Untuk mengetahui Cara Membuat MOL Nasi Basi silakan simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

BAHAN DAN ALAT

  • 1 mangkok nasi basi atau nasi yang telah ditumbuhi jamur trichoderma, jika tidak ada nasi basi cara membuatnya adalah dengan cara mendiamkan nasi selama 3 hari, tutup menggunakan daun dan letakkan di tempat gelap untuk memancing tumbuhnya jamur trichoderma. Jamur trichoderma memiliki warna hijau, putih, kuning dan hijau tua.
  • 1 liter air bersih matang, penggunaan air matang ini adalah untuk memastikan bahwa air telah steril dari bakteri dan patogen yang berpotensi menggagalkan pembuatan MOL.
  • 4 sendok makan gula pasir, gula merah atau molase sebagai sumber makanan bagi mikroorganisme.
  • Wadah yang memiliki tutup seperti toples atau botol

PROSES PEMBUATAN

  • Tambahkan 4 sendok makan gula pasir kedalam air bersih matang yang telah didinginkan, aduk hingga benar-benar larut. Jika menggunakan gula merah sebaiknya iris halus terlebih dahulu agar lebih mudah larut.
  • Masukkan nasi basi ke dalam air larutan gula tersebut sambil meremas-remas dan mengaduknya hingga merata.
  • Masukkan semua bahan ke dalam toples, kemudian tutup rapat hingga kedap udara, agar benar-benar rapat dan kedap udara dapat ditutup menggunakan plastik dan diikat karet.
  • Letakkan di tempat teduh terhindar dari sinar matahari pada suhu ruangan.
  • Diamkan selama 7 hari untuk proses fermentasi.
  • Setelah proses fermentasi selama 7 hari, MOL dari nasi basi siap digunakan. MOL yang sudah jadi ditandai dengan aroma kecut khas tape.

CARA PENGGUNAANNYA

Cara penggunaan MOL nasi basi ini dapat dilakukan dengan 3 cara, yang pertama yaitu sebagai dekomposer dalam proses pembuatan kompos, adapun dosisnya adalah 1:5 atau untuk 1 liter MOL nasi basi dicampurkan dengan 5 liter air. Yang kedua disiramkan di sekitar perakaran tanaman dengan dosis 1:15 sedangkan untuk disemprotkan ke seluruh bagian tanaman dosisnya adalah 1:20.

Jika tidak langsung digunakan atau masih terdapat sisa, MOL dari nasi basi ini dapat disimpan maksimal selama 5-6 bulan dan usahakan dalam keadaan tertutup.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat MOL Nasi Basi, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK