Fungisida merupakan salah satu jenis pestisida yang digunakan untuk membasmi jamur penyebab penyakit pada tanaman budidaya.

Berdasarkan bahan pembuatnya, fungisida dapat dibedakan dalam 2 jenis, yakni fungisida sintetis dan fungisida organik.

Fungisida sintetis terbuat dari bahan-bahan kimia yang sengaja diramu untuk memiliki efek racun pada jamur dengan dosis tertentu. Sedangkan fungisida organik berbeda dengan fungisida sintetis, fungisida organik dibuat dari bahan-bahan organik.

Dewasa ini kesadaran masyarakat cenderung meningkat dan secara perlahan berpindah menggunakan fungisida organik, mengingat penggunaan fungisida sintetis bisa menyebabkan efek yang berbahaya bagi lingkungan bila digunakan dengan dosis yang melebihi kadar yang ditentukan.

Sedangkan penggunaan fungisida nabati cenderung lebih aman bagi lingkungan dan tidak meninggalkan residu yang berbahaya pada produk pertanian yang dihasilkan.

Fungisida organik selain dapat dibeli di toko-toko pertanian seperti SentraTani.com, anda juga dapat membuatnya sendiri dengan cara yang mudah dan dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan pula.

Untuk mengetahui Cara Membuat Fungisida Organik, silakan simak penjelasan selengkapnya pada artikel berikut ini.

ALAT DAN BAHAN

  • 50 gram kunyit
  • 50 gram lengkuas
  • 50 gram jahe
  • 0,5 liter air bersih
  • Blender atau parut
  • Pisau

PROSES PEMBUATAN

Cuci bersih kunyit, lengkuas dan jahe, kemudian parut ketiga bahan tersebut hingga halus, tambahkan 0,5 liter air aduk hingga larut merata, atau jika menggunakan blender terlebih dahulu potong-potong kecil agar memudahkan dalam proses pemblenderan, tambahkan 0,5 liter air kemudian blender hingga halus.

Saring larutan bahan fungisida tersebut untuk memisahkan ampas dan airnya, tujuan penyaringan ini adalah agar ampas nantinya tidak menyumbat sprayer. Dan Fungisida organik siap untuk digunakan.

Untuk pembuatan fungisida dengan kuantitas yang lebih banyak tinggal menyesuaikan saja dengan takaran bahan di atas.

CARA APLIKASI KE TANAMAN

Untuk aplikasi fungisida organik ini ke tanaman terlebih dahulu diencerkan menggunakan air bersih dengan dosis 10 ml fungisida organik untuk dicampurkan dengan setiap 1 liter air.

Sedangkan cara aplikasinya dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu disiramkan ke media tanam di sekitar tanaman dengan dosis 400 ml per tanaman, atau bisa juga disemprotkan ke seluruh bagian tanaman dengan interval 4 hari sekali, terlebih lagi jika musim hujan dimana tanaman sangat rentan terserang jamur.

Untuk ampasnya diaplikasikan dengan menaburkannya di sekitar pangkal tanaman.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa fungisida organik ini tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama, maka dari itu usahakan dalam sekali pembuatan untuk satu kali aplikasi.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Fungisida Organik, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli fungisida organik, ataupun perlengkapan pertanian lainnya,silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Rahman 3jaya