Cara Membuat Media Tanam dari Serbuk Gergaji

Serbuk gergaji atau serbuk kayu banyak tersedia di tempat penggergajian kayu atau tempat tukang kayu, serbuk gergaji ini biasanya hanya dibakar atau dibuang begitu saja. Sebenarnya serbuk gergaji ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan media tanam, terutama tanaman hias yang ditanam pada pot.

Serbuk kayu ini banyak digunakan sebagai bahan media tanam karena memiliki tekstur yang ringan sehingga akar tanaman akan lebih cepat tumbuh dan berkembang. Selain itu serbuk gergaji juga dapat mengoptimalkan penyerapan air dan unsur hara pada tanaman. Dengan meningkatnya penyerapan air serta unsur hara, maka kondisi kesuburan tanaman akan lebih baik, tanaman akan mudah berkembang dan tumbuh subur.

Namun sebelum digunakan sebagai media tanam, serbuk gergaji harus diolah terlebih dahulu agar memberikan manfaat optimal pada tanaman dan terbebas dari jamur patogen. Untuk mengetahui bagaimana cara membuat media tanam dari serbuk gergaji silakan simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

BAHAN-BAHAN

  • Serbuk gergaji
  • Tanah pekarangan yang gembur
  • Pupuk kandang kambing yang telah kering
  • Fungisida
  • Air
  • Karung

CARA PEMBUATAN

Siapkan serbuk gergaji, tanah pekarangan dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1:1 atau 2 bagian serbuk gergaji, 1 bagian tanah pekarangan, dan 1 bagian pupuk kandang kambing. Campurkan semua bahan tersebut dengan cara mengaduknya hingga merata. Setelah semua bahan tercampur merata kemudian masukkan ke dalam karung.

Untuk mencegah jamur patogen pada media tanam serbuk gergaji tersebut, siramkan larutan fungisida seperti merek dagang Antracol. Caranya larutkan 1 sendok makan Antracol ke dalam 10 liter air, aduk hingga merata. Siramkan larutan fungisida tersebut pada campuran media tanam dalam karung hingga basah merata.

Related Post

Ikat karung hingga rapat dan letakkan di tempat teduh selama 2 minggu untuk proses fermentasi.

Setelah 2 minggu media tanam dari serbuk gergaji siap untuk digunakan yang ditandai dengan warna lebih gelap, teksturnya lebih halus dan gembur.

Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Media Tanam dari Serbuk Gergaji, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli media tanam, pupuk, pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ASAL TANCAP