Cara Membuahkan Mangga Diluar Musim

Untuk merangsang pembungaan pada tanaman buah mangga diluar musim dapat dilakukan dengan treatmen menggunakan perangsang buah dengan bahan aktif Paklobutrazol yang banyak dijual di pasaran dengan merek dagang yang berbeda-beda sehingga sesuaikan saja dengan yang tersedia di daerah sekitar Anda.

Bahan aktif paklobutrazol ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan vegetatif dan merangsang pertumbuhan generatif pada tanaman sehingga akan merangsang pertumbuhan bunga dengan harapan akan terjadi pembuahan lebih cepat atau di luar musim.

Untuk mengetahui Cara Membuahkan Mangga di Luar Musim, silakan simak penjelasannya berikut ini.

Sebelum penerapan treatment menggunakan perangsang buah, tanaman buah mangga harus memenuhi beberapa syarat, diantaranya adalah

  • Tanaman mangga memiliki daun yang semuanya sudah tua atau tidak sedang tumbuh pupus atau pucuk muda.
  • Pada tanaman mangga satu bulan sebelumnya dikasih pupuk NPK, KCl dan pupuk kandang, agar nutrisi tanaman tercukupi dan sehat.

Bersihkan media di sekitar pangkal batang mangga dari sampah seperti ranting dan daun-daun kering dan buatlah permukaan tanahnya semacam parit, namun jangan terlalu dalam yang fungsinya untuk menyiramkan pupuk agar tidak meluber kemana-mana.

Larutkan 25 ml cairan paklobutrazol ke dalam 5 liter air dan aduk hingga merata, siramkan di sekitar pangkal tanaman secara perlahan agar benar-benar meresap.

Related Post

Treatmen ini sebaiknya dilakukan pada bulan Desember  atau Januari sehingga diharapkan dapat berbunga pada bulan Juni atau Juli.

Sedangkan pada umumnya tanaman buah mangga yang tanpa treatment akan mulai berbunga pada bulan Agustus.

Kesimpulannya treatmen ini sangat cocok untuk diterapkan pada tanaman mangga skala komersial atau buah mangga yang akan dijual karena tanaman buah mangga dapat berbuah lebih awal sebelum musim berbuah masal tiba dan tentunya harga di pasaran masih bagus.

Demikian ulasan mengenai cara membuahkan mangga diluar musim, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli Bibit tanaman mangga, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Raja Kascing Channel