Cara Cangkok Black Sapote

Untuk melakukan pembibitan pada tanaman black sapote secara vegetatif, selain dengan teknik sambung pucuk dan stek, terdapat pula teknik lain yaitu cangkok.

Cangkok adalah satu cara perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan membiarkan suatu bagian tanaman menumbuhkan akar sewaktu bagian tersebut masih tersambung dengan tanaman induk dengan cara dan teknik tertentu.

Metode perbanyakan tanaman menggunakan metode cangkok ini dipilih karena memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan perbanyakan tanaman lainnya.

Diantara keunggulannya adalah tanaman mempunyai sifat yang sama dengan induknya, sehingga jika bibit cangkok diambil dari indukan yang berkualitas unggul maka bibit hasil cangkok akan mewarisi sifat unggul tersebut. Tanaman akan lebih cepat berbuah jika dibandingkan dengan pembibitan melalui biji, kualitas dan kuantitas buah yang dihasilkan sama dengan induknya. Postur pohon tidak terlalu tinggi bahkan bisa diatur sesuai keinginan. Dan yang terpenting tingkat keberhasilannya lebih tinggi.

Nah, jika Anda tertarik ingin mencangkoknya, berikut ini penjelasan lengkap mengenai cara cangkok black sapote.

ALAT DAN BAHAN

  • Pisau yang tajam
  • Plastik transparan untuk membungkus cangkokan
  • Tali rafia untuk mengikat cangkokan
  • Media cangkok berupa sabut kelapa yang disuwir-suwir
  • Bawang merah sebagai perangsang tumbuhnya akar alami

TAHAP PENCANGKOKAN

  • Pilih cabang dari pohon black sapote yang akan dicangkok pilihlah dari pohon induk yang berkualitas unggul, sehat, bebas dari hama dan penyakit dan tentunya produktivitasnya tinggi, supaya nanti bibit cangkok yang dihasilkan juga demikian.
  • Buat 2 keratan melingkar dengan jarak 3-5 cm, kemudian kupas kulit batang pohon di antara keratan tersebut.
  • Kerik bagian yang dikupas kulitnya hingga kambium atau lendirnya benar-benar bersih, tidak licin dan kering.
  • Setelah kering oleskan bawang merah untuk merangsang tumbuhnya akar pada bagian yang akan dicangkok tersebut tepatnya pada keratan bagian atas dimana nantinya merupakan tempat tumbuhnya akar.
  • Langkah berikutnya adalah membungkus keratan menggunakan media cangkok. Media cangkok yang digunakan yaitu berupa sabut kelapa suwir. Sebelum digunakan untuk mencangkok rendam terlebih dahulu sabut kelapa selama beberapa menit kemudian peras hingga sabut kelapa tersebut dalam kondisi lembab, jangan terlalu basah, yaitu jika dipegang tidak basah akan tetapi dingin/mengandung air. Setelah sabut kelapa siap, balutkan pada batang yang akan dicangkok tutup menggunakan plastik dan ikat sedemikian rupa hingga benar-benar rapat agar media cangkok tidak kering dan kelembabannya terjaga.

Tumbuhnya akar pada cangkokan black sapote ini membutuhkan waktu yang lumayan lama, yaitu sekitar 2-3 bulan sejak pencangkokan, dan jika akarnya sudah tua cangkokan sudah siap dipotong untuk ditanam, baik itu di lahan maupun di pot/planter bag.

Demikian ulasan mengenai Cara Cangkok Black Sapote, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit black sapote maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Adam Hafiqi