Cara Budidaya Belimbing Bangkok Merah

Belimbing bangkok merah adalah belimbing lokal Indonesia yang memiliki banyak keunggulan. Belimbing ini adalah adalah belimbing varietas unggulan yang dihasilkan dari persilangan bibit unggul belimbing lokal dan belimbing import. Dan akhirnya ditemukanlah varietas baru yang memiliki banyak keunggulan serta dapat beradaptasi dengan baik terhadap iklim Indonesia yaitu belimbing bangkok merah.

Diantara keunggulan-keunggulan belimbing bangkok merah ini adalah mudah beradaptasi dengan iklim di Indonesia, genjah, berbuah tanpa mengenal musim/ dapat berbuah sepanjang tahun, memiliki citarasa yang manis, renyah, wangi dan juga hama yang menyerang tergolong sangat kecil sehingga sangat mudah untuk dibudidayakan.

Untuk mengetahui bagaimana Cara Budidaya Belimbing Bangkok Merah, berikut ini kami ulas penjelasan selengkapnya.

PERSIAPAN BIBIT

Bibit tanaman merupakan hal salah satu hal yang sangat menentukan keberhasilan budidayanya. Terdapat dua jenis bibit tanaman belimbing, yaitu bibit hasil perbanyakan generatif (dari biji) dan bibit hasil perbanyakan vegetatif (cangkok, okulasi dan penyambungan).

Akan tetapi sebaiknya gunakanlah bibit hasil perbanyakan vegetatif. Kelebihan bibit hasil vegetatif yaitu sifat tanamannya bisa dipastikan, karena sama dengan sifat induknya. Sehingga jika bibit berasal dari indukan unggul maka bibit yang dihasilkan pun juga unggul. Selain itu, bibit perbanyakan vegetatif lebih cepat berbuah.

Saat ini bibit tanaman belimbing bangkok merah cukup mudah untuk didapatkan di toko-toko bibit tanaman di sekitar Anda, atau bisa juga dibeli di SentraTani.com

Pilihlah bibit yang bagus, pertumbuhannya baik, sehat terbebas dari hama penyakit kondisi tanaman utuh atau tidak cacat. Bibit belimbing di toko pertanian atau penjual bibit biasanya ditanam dalam polybag siap tanam.

PERSIAPAN LUBANG TANAM

Teknik pembuatan lubang tanam sangat menentukan perkembangan awal bibit belimbing bangkok merah setelah ditanam di lahan, terutama dalam pengolahan media tanam yang nantinya dimasukkan dalam lubang tanam. Hal ini karena media tanam pada lubang tanam,merupakan tumpuan hidup pada awal masa pertumbuhan bibit tanaman belimbing bangkok merah di lahan. Oleh sebab itu pembuatan lubang tanam harus dipersiapkan dengan baik dan benar.

Ukuran lubang tanam belimbing bangkok merah adalah 50x50cm dengan kedalaman 60 cm, semakin lebar dan dalam akan semakin baik, karena dengan ukuran yang lebih lebar maka media tanam yang dimasukkan pada lubang tanam akan lebih banyak sehingga cadangan makanan yang dibutuhkan untuk perkembangan awal bibit belimbing bangkok merah juga lebih banyak.

Setelah lahan untuk penanaman ditentukan, selanjutnya gali tanah pada lahan dengan ukuran tersebut diatas yaitu panjang dan lebar 50 cm dengan kedalaman 60 cm. Jika menanam lebih dari 1 pohon jarak tanam antara satu lubang dengan lubang yang lainnya adalah 3,5×3,5 meter

Campurkan tanah galian dengan pupuk dasar berupa pupuk kandang yang telah matang/telah difermentasi sebanyak 5 kg per lubang tanam dan juga kapur dolomit secukupnya. Aduk hingga semua bahan tercampur merata lalu masukkan kembali ke dalam lubang tanam, dan sisakan lubang untuk menanam bibit, kira-kira seukuran polybagnya.

TAHAP PENANAMAN

Letakkan bibit belimbing bangkok merah tepat di tengah-tengah lubang tanam, buka polybagnya, lakukan dengan hati-hati dan usahakan media tanam dalam polybag tidak pecah tujuannya adalah agar setelah ditanam tanaman tidak stres.

Atur peletakan agar tanaman tegak lurus/tidak miring, timbun dengan media tanam yang tersisa hingga pangkal batang. Buat sedikit gundukan pada pangkal batang tanaman agar lebih tinggi dari permukaan tanah sekitar, tujuannya adalah agar pada saat musim hujan tidak terdapat genangan air di sekitar tanaman yang dapat menyebabkan busuknya akar.

Padatkan perlahan media tanam di sekitar pangkal batang, pastikan tanaman sudah kuat tertopang, kemudian siram dengan air untuk mempertahankan kelembaban.

Dan untuk perawatan rutin selanjutnya, akan kami bahas penjelasannya pada artikel yang akan datang.

Demikian ulasan mengenai cara budidaya belimbing bangkok merah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman belimbing ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube ProShelter Edukasi