Bakal Buah Nangka Rontok, Apa Sebabnya

Sering kita jumpai banyak bakal buah nangka yang rontok dan bertebaran di bawah pohon, yang membuat kita bertanya-tanya, kenapa bakal buah nangka rontok, apa sebabnya ?

Mari kita simak penjelasan berikut ini:

  1.   Bukan bakal buah yang rontok, melainkan bunga jantan

Tanaman nangka mempunyai bentuk bunga yang tidak seperti bunga pada umumnya, bunga tanaman nangka berbentuk mirip dengan bakal buah, baik itu bunga jantan maupun betina.

Ciri-ciri bunga jantan tangkainya kecil dan memiliki bulir-bulir halus, yang mana bulir-bulir tersebut merupakan serbuk sari.

Bunga jantan berfungsi untuk membuahi bakal buah betina, dan bunga jantan dipastikan akan rontok setelah habis masa berlaku benang sarinya, dan bunga jantan tersebut tidak akan pernah tumbuh besar untuk menjadi buah.

Adapun ciri-ciri bunga betina yaitu tekstur kulit/permukaan bunganya berbentuk bulir sebagaimana bunga jantan akan tetapi bulirnya lebih besar, dan memiliki tangkai yang lebih besar dan kokoh pula yang nantinya akan menjadi penyangga jika buah sudah besar.

Bunga betina akan sukses menjadi buah jika dibuahi oleh serbuk sari bunga jantan.

Jadi jika bakal buah yang anda miliki gagal menjadi buah dan rontok, mungkin ada beberapa kemungkinan yang diantaranya adalah yang muncul adalah bunga jantan saja, jadi akan rontok semua karena tidak ada pasangan antara jantan dan betina.

Atau terdapat bunga jantan dan betina namun tak terjadi penyerbukan dengan baik, biasanya ini terjadi pada varietas tertentu yang memang sulit melakukan penyerbukan secara alami, jadi diperlukan penyerbukan bantuan manusia.

  1.   Bunga muncul di ranting yang kecil

Jika bunga muncul di ranting yang kecil akan rontok dan tidak akan menjadi buah yang kita harapkan, karena nangka tergolong buah yang besar yang membutuhkan penyangga atau tangkai yang besar pula.

  1.   Serangan hama atau kebusukan

Penyebab bakal buah nangka rontok juga bisa disebabkan serangan hama atau kebusukan sebelum buah menjadi besar.

Demikian penjelasan dari bakal buah nangka rontok, apa sebabnya ?  semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.

Untuk membeli bibit,benih atau peralatan pertanian silakan kunjungi SentraTani.com