Setelah sebelumnya kita ulas mengenai Cara Cangkok Susu Pohon Nangka secara detail maka untuk melengkapinya pada artikel kali ini kita akan jabarkan bagaimana Teknik Turun Cangkok Susu Nangka dan Penanamannya, berikut ini ulasan selengkapnya :

Sebelum batang cangkok dipotong atau turun cangkok ada hal yang harus dilakukan yaitu mengerat cabang yang dicangkok kurang lebih 3 cm di bawah area cangkokan, keratan dibuat sepanjang 2-3 cm seperti keratan untuk mencangkok, tujuannya adalah untuk mengurangi stres pada batang cangkok saat dipotong nantinya. Pengeratan ini biasanya dilakukan pada cangkok pohon nangka dan durian karena dua jenis tanamn buah tersebut agak sulit perawatannya pasca turun cangkok.

Batang cangkok susu pohon nangka yang sudah siap dipotong/turun cangkok ditandai dengan akar yang sudah tumbuh banyak dan batang akar sambungan pada cangkok susu sudah menempel sempurna atau sudah berumur sekitar 3 bulan dari pencangkokan.

Potong batang cangkok dari pohon induk, diamkan batang cangkok selama 1-2 hari di tempat yang teduh hingga getah pada potongan benar-benar kering akan tetapi rendam terlebih dahulu kurang lebih 3-5 menit untuk memberikan cadangan air bagi tanaman cangkok selama penyimpanan, lubangi plastik cangkok dan kurangi atau pangkas sebagian rantingnya.

Siapkan media tanam untuk penanaman sementara pada polybag, dengan komposisi tanah, sekam padi dan pupuk kandang, campurkan hingga merata.

Masukkan media tanam pada polybag, ukurannya jangan terlalu besar karena polybag ini hanya media tanam sementara sebelum ditanam pada media tanam sesungguhnya, masukkan media tanam pada polybag seperempatnya saja terlebih dahulu.

Buka plastik pembungkus cangkokan dengan hati-hati, masukkan kedalam polybag dan tambahkan media tanam hingga penuh, padatkan media dengan pelan dan hati-hati, kemudian siram menggunakan air.

Letakkan bibit hasil cangkokan di tempat teduh akan tetapi masih terkena sinar matahari pagi, lakukan penyiraman sebanyak 2 hari sekali. Setelah 2-3 minggu dan tanaman terlihat sehat, segar dan tumbuh dengan baik bibit tanaman nangka hasil cangkok susu sudah dapat diletakkan pada tempat yang tersinari matahari secara penuh dan juga sudah dapat ditanam pada lahan terbuka.

Penanaman bibit hasil cangkok susu sementara dalam polybag ini harus dilakukan karena jika langsung ditanam pada lahan terbuka biasanya akan stres.

Demikian ulasan mengenai Teknik Turun Cangkok Susu Nangka dan Penanamannya, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit, benih, pupuk, pestisida maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi : Channel Youtube tani bibit