Salah satu cara untuk membuahkan tanaman adalah dengan menerapkan metode stres air atau bisa disebut dengan puasa air.

Stres air adalah perlakuan pada tanaman dengan cara di siram air yang banyak kemudian dibiarkan tanpa di siram dalam rentang waktu tertentu, dan disiram kembali saat tanaman tampak layu.

Dalam melakukan stres air ini ada cara-cara tertentu di mana hal tersebut harus dilakukan dengan baik dan benar agar metode ini dapat berhasil, berikut ini penjelasan stres air yang diterapkan pada tanaman jambu air selengkapnya :

Stres air akan lebih mudah diterapkan pada tanaman buah yang ditanam dalam pot ( tabulampot ) atau tanaman yang ditanam langsung pada lahan akan tetapi berada pada dataran tinggi.

Sedangkan untuk tanaman yang ditanam di lahan pada dataran rendah atau sangat dekat dengan sumber air dan juga tanaman di pegunungan yang memiliki suhu dingin akan sulit untuk dilakukan stres air.

Syarat tanaman yang akan diberi perlakuan stres air adalah :

  • Kondisi tanaman sedang dorman atau tidak ada pertunasan/pupus baru atau bisa dilihat semua daun tampak sudah tua.
  • Tanaman dalam keadaan subur dan sehat.
  • Bersihkan atau pangkas daun-daun yang berada pada percabangan bagian bawah ( daun pada batang berwarna coklat seperti pada tanaman jambu air ) dan sisakan daun di ujung ( batang berwarna hijau ).
  • Dilakukan pada musim kemarau

Jika tanaman yang akan diberi perlakuan stres air tidak memenuhi syarat seperti tanaman yang memiliki daun yang masih muda, batangnya juga masih hijau maka proses pembuahan akan gagal dan dapat merusak tanaman, bahkan akan mengakibatkan tanaman menjadi kering.

Adapun cara melakukan stres air adalah dengan tidak menyiram tanaman dalam waktu tertentu ( tergantung jenis dan kondisi tanaman ) hingga tanaman tampak layu dan media tanam dalam pot benar-benar kering.

Setelah tanaman tampak layu baru dilakukan penyiraman, akan tetapi penyiraman ini cukup sedikit saja hanya sekedar untuk tanaman hidup dan harus dilakukan pada sore hari.

Perlakuan stres air ini dilakukan sampai muncul tunas bunga dan tanpa harus menunggu sampai banyak tunas, begitu muncul tunas bunga penyiraman sudah dapat dilakukan secara normal kembali, dalam artian stres air ini dilakukan hanya untuk “pancingan” awal saja.

Demikian ulasan mengenai stres air pada tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli bibit jambu air ataupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com

Sumber : Channel Youtube Tabulampot Fruit