Dalam budidaya tanaman sayuran seperti buncis, pemupukan merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk memenuhi kebutuhan unsur haranya sehingga tanaman dapat tumbuh, berkembang dan berproduksi secara optimal.

Pemupukan tanaman buncis terdiri dari pemupukan dasar dan pemupukan susulan. Pemupukan dasar dilakukan pada awal penanaman, sedangkan pupuk susulan diberikan secara berkala sesuai dengan usia dan pertumbuhan tanaman. Yang perlu diperhatikan dalam melakukan pemupukan tanaman apa saja tak terkecuali buncis adalah ketepatan, baik itu tepat jenis, tepat dosis, tepat waktu dan tepat cara aplikasi.

Akan tetapi pada artikel kali ini KampusTani tidak akan mengulas secara keseluruhan mengenai pemupukan tersebut dalam satu artikel ini karena akan terlalu panjang, melainkan hanya akan mengulas mengenai pemupukan susulan yang kedua saja.

Pemupukan susulan kedua ini juga bisa dikatakan sebagai pemupukan fase generatif karena menjelang tanaman berbunga dengan tujuan agar segera muncul bunga dan menjadi buah.

Untuk mengetahui cara Pemupukan Susulan Kedua Tanaman Buncis meliputi jenis pupuk, dosis, waktu dan cara aplikasinya, silakan simak penjelasannya berikut ini.

JENIS PUPUK DAN DOSISNYA

Pupuk yang diberikan pada pemupukan susulan kedua tanaman buncis adalah pupuk NPK Phonska, pupuk KCL dan pupuk KNO3 Merah . Sedangkan untuk dosisnya adalah 3:1:1, atau 3 bagian untuk pupuk NPK Phonska, 1 bagian untuk pupuk KCL dan 1 bagian untuk pupuk KNO3 Merah. Kemudian campurkan dengan mengaduknya hingga merata.

CARA APLIKASI PUPUK

Pemupukan susulan kedua pada tanaman buncis dapat dilakukan dengan cara ditabur di sekitar pangkal tanaman. Adapun dosisnya adalah 1 sendok makan rata/jangan terlalu penuh per tanaman.

WAKTU APLIKASI PUPUK

Pemupukan susulan kedua pada tanaman buncis dilakukan pada tanaman buncis yang berumur 27 hari setelah penanaman.

Selain melakukan pemupukan seperti tersebut di atas, pada usia ini, penyiraman tanaman buncis harus dilakukan secara rutin setiap pagi dan sore, jangan sampai tanaman kekeringan, tujuannya agar memudahkan munculnya bunga.

Setelah 1 minggu dari pemupukan biasanya pada tanaman buncis tersebut sudah mulai muncul bunga.

Demikian ulasan mengenai Pemupukan Susulan Kedua Tanaman Buncis, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, benih buncis ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com

Referensi: Channel Youtube Agriculture grafting