Dalam budidaya tanaman buah termasuk strawberry, pemupukan tentu merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk menunjang pertumbuhan dan proses pembuahan yang optimal, terlebih untuk tanaman strawberry yang baru ditanam/pasca tanam agar proses pertumbuhan vegetatifnya dapat berlangsung dengan baik.

Pemupukan strawberry pasca tanam harus dilakukan secara berimbang. Konsep pemupukan berimbang adalah pemberian sejumlah pupuk untuk mencapai ketersediaan hara-hara esensial yang seimbang dan optimum ke dalam tanah, dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas dan mutu hasil pertanian, meningkatkan efisiensi pemupukan, meningkatkan kesuburan dan kelestarian tanah dan menghindari pencemaran lingkungan dan keracunan tanaman.

Prinsip pemupukan berimbang adalah pemupukan dengan empat tepat:

  1. Tepat Jenis/Bentuk
  2. Tepat Dosis
  3. Tepat Waktu
  4. Tepat Cara

Pemupukan strawberry pasca tanam yang akan kita ulas kali ini adalah tanaman strawberry california yang ditanam pada polybag. Adapun jenis pupuk, dosis, dan cara aplikasinya adalah sebagai berikut :

  • Pupuk NPK 15:15:15 dengan dosis 10 gr/liter air
  • Pupuk KNO3 Putih (N 13% dan K2O 46%) dengan dosis 5 gr/liter air
  • Pupuk KNO3 Merah ( N 15,30%, K2O 14,94%, Na 18% dan Boron 0,05%) dengan dosis 2-5 gr/liter air
  • Pupuk Kalsium + ZPT ( CaO3 51%, Boron 48% dan Magnesium 1% ) dengan dosis 2g/liter air
  • Pupuk UltraDap (N 12% dan P2O5 60%) dengan dosis 2-4 gr/liter air

Campurkan semua pupuk ke dalam air sesuai dosis dan kebutuhan, aduk hingga benar-benar larut.

Aplikasi pupuk ini dilakukan dengan cara dikocorkan di sekitar pangkal tanaman dengan dosis 200 ml per tanaman atau sekitar 1 gelas air mineral, lakukan aplikasi pupuk secara hati-hati usahakan jangan sampai mengenai batang dan daun tanaman.

Pemupukan berikutnya dilakukan setelah 14 hari dari pemupukan pertama.

Demikian ulasan mengenai pemupukan strawberry pasca tanam, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli benih strawberry, pupuk maupun perlengkapan pertanian lainnya silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi : Channel Youtube INFO RAGAM PERTANIAN