Agar tanaman kacang panjang yang ditanam dapat tumbuh, berkembang dan berproduksi secara optimal, maka salah satu faktor penunjangnya adalah kecukupan unsur hara yang harus terpenuhi.

Untuk mencukupi kebutuhan unsur hara pada tanaman kacang panjang dapat dilakukan dengan pemberian pupuk. Pemberian pupuk ini dilakukan secara bertahap sesuai keutuhan dan usia tanaman.

Akan tetapi pada artikel kali ini Kampus Tani tidak akan membahas keseluruhan pemupukan tersebut, melainkan  hanya akan mengulas mengenai pemupukan yang pertama pada tanaman kacang panjang.

Untuk mengetahui cara Pemupukan Pertama Tanaman Kacang Panjang, silakan simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

JENIS PUPUK

Untuk pemupukan pertama tanaman kacang panjang pupuk yang digunakan adalah pupuk NPK Phonska 15:15:15 atau bisa juga menggunakan pupuk NPK Mutiara 16:16:16.

Pupuk NPK merupakan jenis pupuk majemuk, yang mengandung unsur hara utama yaitu nitrogen (N), fosfor (P) dan kalium (K).

NPK merupakan salah satu pupuk andalan banyak petani dan pecinta tanaman lainnya karena manfaatnya yang sudah terbukti.

CARA APLIKASI

Aplikasi pupuk NPK untuk pemupukan pertama tanaman kacang panjang adalah dengan tanaman kacang panjang dengan jarak 10 cm dari pangkal batang tanaman.

Masukkan pupuk NPK tersebut ke dalam lubang yang telah dibuat dengan dosis 7,5 gram per tanaman atau sekitar setengah sendok makan kemudian tutup kembali.

Demikian ulasan mengenai cara Pemupukan Pertama Tanaman Kacang Panjang, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, benih kacang panjang ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Anak Petani