Stek batang adalah metode perbanyakan tanaman atau pembibitan yang sudah banyak dikenal dan banyak digunakan oleh petani. Secara garis besar stek batang yaitu menanam potongan batang tanaman induk sehingga akan tumbuh menjadi tanaman yang baru.

Untuk menunjang keberhasilan stek batang ini selain pemilihan batang stek yang tepat, dalam pemilihan media tanamnya juga harus tepat. Yaitu subur atau kaya unsur hara, dapat mengikat air, bersifat porous serta terbebas dari benda padat yang dapat mengganggu pertumbuhan akar dan tentunya merupakan media tanam yang 100% organik. Tidak lain tujuannya adalah agar proses penyetekan berhasil, dapat menghasilkan bibit yang baik dan tumbuh dengan optimal.

Lantas bagaimana cara membuat media tanam stek batang yang baik dan benar serta apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan? berikut ini penjelasannya.

BAHAN-BAHAN

  1. Tanah dibawah rumpun pohon bambu
  2. Sekam padi mentah
  3. Sekam bakar/arang sekam
  4. Pasir kali
  5. Cocopeat

PROSES PEMBUATAN

Setelah semua bahan siap saatnya memasuki tahapan pembuatannya. Terlebih dahulu ayak tanah yang diambil dari bawah rumpun bambu agar bersih dari campuran yang tidak diinginkan, bisa juga ditambahkan tanah yang diambil dari tempat pembakaran sampah misalnya.

Penting untuk diingat dalam penggunaan cocopeat sebagai media tanam, bahwa cocopeat yang siap untuk digunakan untuk media tanam adalah cocopeat yang sudah disterilkan dari zat tanin yang terkandung di dalamnya, karena zat tanin tersebut dapat menghambat pertumbuhan tanaman. Cara sederhana untuk menghilangkan zat tanin tersebut adalah dengan mencuci cocopeat. Letakkan cocopeat di atas saringan, alirkan air di atasnya, remas-remas cocopeat hingga air cuciannya jernih, kemudian keringkan dengan menjemurnya di bawah sinar matahari.

Campurkan semua bahan media tanam dengan mengaduknya hingga tercampur merata. Adapun perbandingan dari masing-masing bahannya adalah 1:1:1:1:1. Setelah tercampur merata lakukan penyiraman pada media tersebut. Dalam penyiraman ini lakukan secara perlahan, sedikit demi sedikit sambil mengaduknya, cukup hingga lembab saja, ciri-cirinya yaitu jika dipegang terasa dingin namun jika diperas tidak meneteskan air dan jika digenggam tidak menggumpal atau mudah terurai kembali. Dan itu artinya media yang telah kita buat sudah siap untuk digunakan sebagai media tanam batang stek.

Demikian ulasan mengenai media tanam stek batang, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk, bibit tanaman ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube TANAMAN BUAH DALAM POT