Manfaat Mikoriza Bagi Tanaman

Ketika kita menanam tanaman pada musim kemarau pasti tantangan terberatnya adalah soal air, dimana ketika tanaman kekurangan air maka bisa berujung pada pertumbuhannya yang tidak normal, kemudian bisa saja berakhir dengan kegagalan atau bahkan kematian tanaman. Sebagian petani menyiasatinya dengan  membuat sumur galian sebagai tempat penyediaan air serta menyediakan pompa air untuk menyalurkan air ke lahan pertanaman. Namun selain cara tersebut ternyata ada cara yang lebih efisien yaitu dengan memanfaatkan mikroorganisme bernama jamur mikoriza.

Mikoriza adalah sejenis jamur yang dalam kehidupannya dapat bersimbiosis dengan perakaran tanaman. Maksud bersimbiosis dalam hal ini adalah bahwa mikoriza tersebut dalam mendaur ulang kehidupannya yaitu dengan cara menginfeksi perakaran tanaman, dan sebagai imbal baliknya maka akar tanaman yang sudah terinfeksi mikoriza tersebut ternyata dapat menjadi lebih efisien kehidupannya, karena proses penyerapan air dan hara dapat dibantu oleh jamur mikoriza tersebut. Jadi pada prosesnya  mikoriza akan membentuk hifa atau benang-benang jamur yang mana hifa tersebut memiliki kemampuan untuk menjangkau dan menamukan berbagai nutrisi serta air pada area tersebut.

Selain itu jamur mikoriza juga memiliki berbagai manfaat lain bagi tanaman. Nah untuk mengetahui apa saja manfaat mikoriza bagi tanaman, berikut ini kami ulas penjelasannya secara lengkap.

MANFAAT JAMUR MIKORIZA

  • Mikoriza dapat membuat tanaman menjadi lebih subur

Mikoriza ini dapat membuat tanaman menjadi lebih subur karena mikoriza ini dapat secara efektif meningkatkan serapan unsur hara makro dan mikro yang diambil dari daerah-daerah yang mungkin tidak dapat dijangkau oleh akar tanaman.

  • Meningkatkan ketahanan tanaman terhadap kondisi kekeringan

Sebagaimana yang telah kita ulas diatas bahwa cara kerja dari mikoriza ini adalah memanfaatkan benang-benangnya yang memiliki kemampuan untuk mencari air dengan cara melakukan eksplorasi terutama pada daerah-daerah yang mungkin tidak terjangkau oleh akar tanaman. Mengingat bentuknya yang kecil sehingga dapat menembus pori-pori tanah untuk mencari air bahkan nutrisi bagi tanaman.

  • Membantu tanaman melawan jamur patogen   

Mikoriza dapat berfungsi sebagai agensia hayati bagi jamur patogen, dan perlindungannya terjadi karena lapisan benang atau hifa jamur mikoriza ini berfungsi sebagai pelindung fisik pada perakaran tanaman. Dengan demikian, jamur mikoriza ini dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap serangan jamur patogen (jamur jahat).

  • Dapat menghasilkan beberapa ZPT atau zat pengatur tumbuh

Mikoriza ini dapat menghasilkan beberapa ZPT atau zat pengatur tumbuh, diantaranya adalah hormon auksin, giberelin dan sitokinin serta beberapa vitamin yang pastinya sangat memberikan manfaat bagi tanaman.

Nah, untuk memperoleh manfaat dari mikoriza ini tidak ada salahnya jika Anda juga mulai menggunakannya pada tanaman yang dibudidayakan. Dan untuk memperoleh mikoriza ini Anda dapat membelinya atau dapat pula dengan membuatnya sendiri. Adapun cara membuat mikoriza ini, akan kami ulas penjelasannya pada artikel yang akan datang.

Demikian ulasan mengenai manfaat mikoriza bagi tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli pestisida, pupuk ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube Penyuluh Pertanian Lapangan

Bacaan Terkait

Cara Grafting Tanaman ManggaCara Grafting Tanaman Mangga

Mangga mempunyai peranan penting dalam perekonomian Indonesia, Indonesia memiliki keanekaragaman genetik yang tinggi, potensi keragaman genetik ini menjadi keunggulan tersendiri dan sungguh menjanjikan. Mangga banyak ditemukan baik di pasar tradisional