Tanaman lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia dan bahkan di seluruh dunia. Tanaman lidah buaya memiliki khasiat dan manfaat yang luar biasa di bidang kesehatan maupun di bidang kecantikan. Dalam bidang kesehatan tanaman lidah buaya selain mengandung berbagai macam jenis mineral juga mengandung hampir semua jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh kecuali vitamin D. Sedangkan dalam bidang kecantikan, tanaman lidah buaya sudah sangat populer untuk dijadikan sebagai bahan perawatan rambut, perawatan wajah dan perawatan kulit.

Selain bermanfaat dalam bidang kesehatan dan kecantikan, ternyata lidah buaya juga sangat berguna dalam dunia pertanian. Manfaat Lidah Buaya Untuk Pertanian diantaranya adalah untuk dijadikan sebagai sumber nutrisi untuk tanaman, selain itu juga dapat digunakan sebagai pestisida organik untuk mengusir hama pada tanaman tertentu.

Lidah buaya memiliki kandungan unsur hara makro berupa kalium, kalsium dan magnesium. Sedangkan unsur hara mikro yang terkandung didalamnya adalah unsur ferrum/besi, mangan, cuprum/tembaga, zincum/seng. Selain itu lidah buaya juga memiliki kandungan zat perangsang tumbuh (ZPT) berupa hormon auksin dan giberelin.

Sejalan dengan kandungan unsur hara dan ZPT pada lidah buaya yang banyak, tentunya akan sangat bermanfaat jika diolah menjadi pupuk organik cair atau POC. POC dari bahan utama lidah buaya ini selain memiliki kandungan unsur hara dan ZPT yang lengkap, cara pembuatannya pun mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus, dan yang terpenting adalah bahwa pupuk ini merupakan pupuk organik sehingga aman untuk digunakan dan ramah terhadap lingkungan.

Untuk membuat POC atau pupuk organik cair dari lidah buaya bahan-bahan dan alat  yang dibutuhkan adalah :

  • 10 lembar daun lidah buaya
  • 2,5 liter air
  • Toples yang memiliki tutup
  • Pisau

Setelah semua bahan telah siap, langkah selanjutnya adalah proses pembuatan, berikut ini tahapan tahapannya.

  • Cuci bersih daun lidah buaya, kemudian potong dadu kecil-kecil semua daun lidah buaya tersebut.
  • Masukkan potongan potongan lidah buaya tersebut ke dalam toples, tambahkan air hingga hampir penuh dengan menyisakan ruang kosong pada toples, kemudian tutup rapat.
  • Diamkan selama 5 hari, dan POC atau pupuk organik cair dari daun lidah buaya sudah siap digunakan. Sebelum digunakan sebaiknya disaring terlebih dahulu untuk memisahkan POC dan ampas lidah buayanya.

Cara aplikasinya adalah dengan cara mengocorkannya langsung pada media di sekitar tanaman dengan dosis 1-2 gelas air mineral tanpa harus menambahkan air, dengan menyesuaikan besar kecilnya tanaman. Sedangkan interval pemberiannya adalah 1 minggu sekali.

Manfaat dari pemupukan menggunakan POC lidah buaya ini biasanya akan terlihat setelah 2 minggu atau 2 kali pemberian dimana tanaman akan lebih subur dari biasanya.

Demikian Ulasan mengenai Manfaat Lidah Buaya Untuk Pertanian, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pupuk organik ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube ALAM ORGANIK