Dalam pertanian, hama adalah organisme pengganggu tanaman yang menimbulkan kerusakan secara fisik, dan di dalamnya praktis adalah semua hewan yang menyebabkan kerugian dalam pertanian.

Hama tanaman ini menyerang beberapa bagian pada tanaman seperti daun, batang, buah bahkan akar dari tanaman.

Pada artikel kali akan kami ulas mengenai jenis hama perusak daun pada berbagai jenis tanaman, adapun hama perusak daun ini jumlahnya ada 6, berikut ini ulasannya.

  1.   Kumbang Malam

Kumbang ini dikatakan sebagai kumbang malam karena kumbang ini menyerang tanaman dengan memakan daunnya pada malam hari dan akan pergi pada siang hari. Maka dari itu penyemprotan pestisida untuk mengendalikannya juga dilakukan pada malam hari sedangkan untuk pencegahannya dapat dilakukan pada siang hari.

  1.   Belalang

Belalang merupakan hama tanaman yang suka memakan daun bahkan belalang ini memakan daun pada siang dan malam har, dan juga belalang ini memakan daun tanaman sejak menetas hingga dewasa.

  1.   Walang Sangit

Walang sangit ini dalam merusak daun tanaman tidak tampak memakan daun, akan tetapi daun muda tempat ia hinggap akan menjadi layu dan kering seperti dihisap sari-sarinya.

  1.   Kumbang Penggulung

Kumbang ini dikatakan sebagai penggulung karena menggulung daun tanaman untuk meletakkan telurnya, kumbang ini memakan daun tanpa mengakibatkan bekas lubang melainkan dengan mengikisnya hingga daun menjadi tipis.

  1.   Berbagai macam ulat daun/Larva Kupu-kupu

Telur kupu-kupu biasanya berada di permukaan daun. Telur kemudian menetas menjadi ulat. Ulat itu akan makan daun selama berhari-hari, lama kelamaan ulat akan berhenti makan, dan mulai berubah menjadi kepompong dan kemudian akan menjadi kupu-kupu.

  1.   Berbagai Macam Kutu Daun

Kutu daun ini banyak macam dan jenisnya, diantaranya kutu daun tanaman jambu bol/jamaika yang berupa gelembung-gelembung putih pada daun yang jika dibuka didalamnya terdapat serangga berwarna putih. Selain itu ada juga kutu sisik dan perisai, kutu putih dan sebagainya.

Demikianlah ulasan mengenai hama perusak daun pada tanaman, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Untuk membeli pestisida ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Sumber : Channel Youtube Tabulampot Fruit