Sering ditemui dalam budidaya ikan lele, biasanya setelah turun hujan, ikan lele berdiri atau menggantung dan air kolam cepat bau.

Salah satu penyebabnya adalah ikan lele stres dan waktu pemberian pakan yang tidak tepat yaitu menjelang hujan dan saat hujan turun.

Dampak air hujan bagi ikan lele dan cara mengatasinya adalah sebagai berikut :

  • Pada saat hujan, titik hujan yang jatuh akan menimbulkan riak-riak pada permukaan kolam, apalagi jika hujan turun dengan deras secara tiba-tiba, maka ikan lele akan merespon ini sebagai gangguan yang menyebabkan ikan lele menjadi stres, karena Ikan lele termasuk hewan yang mudah stres. Perubahan kecil saja bisa menyebabkan perubahan yang cukup signifikan pada perilaku ikan lele.

Hal itu disebabkan karena kolam kurang dalam, karena jika kolam tidak memiliki kedalaman yang ideal, maka ketika hujan turun, getaran yang ditimbulkan oleh hujan akan membuat lele stres, karena lele sangat peka terhadap getaran.

  • Saat ikan lele stres maka ikan lele cenderung akan memuntahkan kembali makanan yang dimakannya.

Jika ikan lele memuntahkan makanannya, maka muntahan tersebut akan menyebabkan pengaruh buruk pada kolam dan bagi ikan lele itu sendiri,  misalnya pakan yang dimuntahkan akan menjadi racun karena pakan akan membusuk dan menghasilkan zat negatif yang dapat membunuh lele itu sendiri dan mempengaruhi kualitas air kolam sehingga air kolam menjadi cepat bau, kotor dan meningkatnya kadar amonia atau racun yang berpotensi menimbulkan penyakit seperti lele menggantung dan masih banyak lagi masalah lainnya.

  • ¬†Waktu pemberian pakan yang tidak tepat juga menyebabkan pemborosan pakan dan pemicu lele kembung.

Karena saat mendung atau hujan nafsu makan ikan kurang bagus atau menurun, pada saat ini pemberian pakan tidak baik karena saat nafsu makan berkurang pakan akan banyak terbuang dan bercampur air hujan yang berpotensi menyebabkan ikan menjadi kembung, pemberian pakan sebaiknya ditunda 1-2 jam setelah hujan selesai.

Tapi bagaimana jika hujan terus menerus seharian, apakah ikan harus berpuasa? Tentu tidak karena setelah lama diguyur hujan ikan lele akan dapat menyesuaikan diri dan tentu saja ikan lele sudah terbiasa dengan kondisi diguyur hujan.

Akan tetapi saat akan memberi pakan perhatikan intensitas hujan karena meski hujan seharian, hujan tidak selalu deras, dan berikan pakan pada saat hujan rintik-rintik, namun pemberian pakan saat hujan porsinya dikurangi agar ikan tidak terlalu kenyang supaya tidak dimuntahkan.

Demikian penjelasan dampak air hujan bagi ikan lele dan cara mengatasinya, semoga menambah wawasan dan bermanfaat untuk anda.

Anda bisa bergabung dengan komunitas peternak (Komunitas HCS) untuk sharing mengenai budidaya ternak ikan, ternak unggas ataupun ternak lainnya, klik di sini untuk bergabung.

Semoga bermanfaat.