Cara Stressing Vanili Agar Cepat Berbuah

Agar tanaman vanili yang dibudidayakan dapat berbuah salah satu triknya adalah dengan menerapkan stressing pada tanaman vanili tersebut.

Apa itu stressing dan bagaimana cara melakukannya? Berikut ini kami ulas mengenai cara stressing vanili agar cepat berbuah.

Stressing asal kata dari stress yg artinya melakukan penyetresan pada sebuah tanaman agar tanaman menjadi stres untuk memacu pembuahan.

Yang perlu diperhatikan adalah bahwa sebelum melakukan penyetresan, pastikan bahwa tanaman vanili memang sudah sap untuk proses penyetresan tersebut. Ciri tanaman vanili yang sudah siap dilakukan penyetresan adalah tanaman sudah tua yang ditandai dengan daun-daun dan batangnya berwarna hijau tua, batangnya sudah keras seperti kayu dengan diameter seukuran jari tangan dan akar gantungnya sudah tumbuh. Dan setelah tanaman vanili memiliki ciri tersebut maka proses penyetresan sudah dapat dilakuan.

Penyetresan pada tanaman vanili memiliki berbagai macam metode dan cara yang berbeda-beda. Namun pada artikel kali ini penyetresan yang akan kami ulas penjelasannya adalah penyetresan dengan pemangkasan pucuk dan penghentian penyiraman.

Penyetresan vanili ini diawali dengan memilih sulur yang memiliki kriteria siap di streskan sebagaimana tersebut diatas. Potong ujung sulur tersebut pada ruas yang sudah benar-benar tua yang ditandai dengan batang yang keras yaitu ruas ke 5-7 dari ujung sulur. Pemotongan ini dilakukan 5 cm di atas ruas.

Maksud dari pemangkasan ini adalah untuk membuat sulur vanili menjadi tua sehingga sulur tersebut menjadi produktif dan bisa berbuah

Penyetresan ini dilakukan pada musim kemarau dan bersamaan dengan itu penyiraman juga dihentikan selama 1-2 bulan sampai muncul tanda-tanda pertumbuhan tunas baru yang ditandai dengan mata tunas yang sudah mulai “bunting” yang merupakan tanda-tanda akan munculnya bunga.

Setelah mengetahui bagaimana cara melakukan stressing, hal berikutnya yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah kapan waktu yang tepat untuk melakukan stressing tersebut. Karena jika waktu stressing tidak tepat, maka mustahil akan terjadi pembuahan. Sehingga meskipun telah dilakukan pemangkasan, yang tumbuh bukan tunas buah justru tunas-tunas sulur yang baru.

Untuk menentukan kapan saatnya stressing untuk pembuahan ini, di masing-masing daerah tentu berbeda tergantung pada faktor suhu dan iklim di daerah tersebut. Namun pada umumnya pembungaan atau pembuahan vanili terjadi sekitar bulan Agustus hingga Desember.

Dan untuk melakukan stressing, waktu yang tepat yaitu 3-2 bulan sebelum pembungaan, sehingga bisa dikatakan waktu yang tepat untuk melakukan stressing ini adalah dimulai dari bulan Mei dan Juni.

Demikian ulasan mengenai Cara Stressing Vanili Agar Cepat Berbuah, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman vanili ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi Sentratani.com.

Referensi: Channel Youtube ANTO Channel & OmBadar67

Bacaan Terkait

Cara Menanam Timun SuriCara Menanam Timun Suri

Timun suri ini banyak digemari masyarakat karena kesegarannya, terlebih saat bulan puasa dimana timun suri ini banyak digunakan sebagai bahan minuman yang menyegarkan saat berbuka puasa.  Sejalan dengan tingginya permintaan