Cara Mengatasi Busuk Batang Vanili

Dalam membudidayakan tanaman vanili, salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah pengendalian penyakit. Karena jika sampai tanaman vanili terserang oleh penyakit dapat berakibat menurunnya kualitas dan kuantitas hasil tanaman vanili tersebut, bahkan akibat terburuknya yaitu kematian tanaman.

Salah satu penyakit yang biasa menyerang tanaman vanili adalah busuk batang. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi cendawan Fusarium Sp pada bagian tanaman yang diserang. Perlu diketahui bahwa cendawan Fusarium Sp adalah cendawan yang mampu bertahan hingga 4 tahun di dalam tanah di sekitar kebun vanili meskipun tanpa tanaman inang. Pada tanaman vanili cendawan ini dapat menginfeksi bagian batang, akar bahkan buah (buah yang hampir masak).

Penyakit ini dapat menular melalui beberapa media, misalnya melalui kontak langsung antara bagian batang dengan cendawan ini, serangga, air hujan, tanah atau karena infeksi dari awal penanaman bibit.

Gejala serangan cendawan Fusarium ditandai dengan berubahnya warna batang tanaman yang semula hijau menjadi coklat muda kemudian lama kelamaan menjadi hitam dan membusuk. Pada kondisi kelembaban udara yang tinggi, bagian batang yang membusuk tersebut akan semakin cepat meluas ke bagian batang lainnya dan jika dibiarkan, pembusukan pada batang mengakibatkan kematian tanaman karena transportasi unsur hara dari akar ke daun maupun transportasi fotosintat dari daun kebagian tanaman lainnya akan terhambat.

Adapun cara mengatasi busuk batang vanili sebaiknya melakukan pencegahan sebelum serangan terjadi dan juga melakukan pengendalian dengan tepat manakala telah terjadi serangan. Bagaimana caranya? Berikut ini penjelasan selengkapnya.

PENCEGAHAN

Untuk melakukan pencegahan serangan penyakit busuk batang ini selain melakukan teknik budidaya yang baik seperti mengurangi kelembaban udara di lingkungan kebun dengan pemangkasan pohon pelindung, mengatur jarak tanam agar tidak terlalu rapat untuk menghindari penularan, pengawasan secara berkala, menghindari pelukaan batang saat penyiangan dan pendangiran, memperbaiki sistem pengairan di kebun, menghindari aplikasi pupuk kandang yang belum matang, menggunakan bibit stek yang bebas penyakit, menggunakan bibit dari klon yang tahan dan penyemprotan desinfektan setelah pengolahan tanah, pencegahan dapat dilakukan pula dengan menyemprotkan larutan bawang merah di seluruh bagian tanaman.

Larutan bawang merah ini dapat digunakan untuk mencegah serangan busuk batang tidak lain karena memiliki kandungan hormon auksin. Larutan bawang merah dengan kandungan hormon auksinnya ini berfungsi untuk pertumbuhan tanaman dan menguatkan tanaman vanili sehingga jika tanaman sudah kuat tidak lagi rentan terhadap serangan busuk batang.

Cara membuat larutan bawang merah tersebut adalah cukup dengan menghaluskanya menggunakan blender. Adapun dosisnya adalah 100 gram bawang merah untuk diblender dengan menambahkan air secukupnya hingga menjadi 2 gelas larutan bawang merah. Sedangkan untuk dosis aplikasinya adalah untuk setiap 1 gelas larutan bawang merah dapat dicairkan dengan 17 liter air dan diaplikasikan dengan menyemprotkannya ke seluruh bagian tanaman vanili dengan interval 1 minggu sekali.

PENGENDALIAN

Jika tanaman vanili sudah terlanjur terinfeksi namun belum parah seperti misalnya pada batang vanili sudah ditemukan bercak kecoklatan, cara mengatasinya adalah dengan mengiris bagian yang terinfeksi tersebut hingga bersih dan mengolesinya dengan kunyit. Kunyit ini digunakan karena memiliki kandungan antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan jamur fusarium penyebab busuk batang.

Namun jika serangan sudah parah, maka alternatif terakhirnya adalah dengan memotong bagian yang terinfeksi dan membuangnya jauh dari perkebunan vanili. Misalnya bagian yang terinfeksi ini berada di tengah batang tanaman vanili maka cara memotongnya adalah dengan memotong 5 cm di atas dan 5 cm di bawah bagian yang terinfeksi tersebut. Tujuan dari memberikan kelebihan pemotongan ini adalah untuk menghindari adanya jamur yang tidak tampak yang berada di sekitar bagian yang terinfeksi tersebut.

Cara mengatasi busuk batang vanili tersebut diatas cukup efektif, karena sudah banyak petani yang mempraktekkannya dan bahkan tingkat keberhasilannya cukup tinggi yaitu sekitar 80%.

Demikian ulasan mengenai Cara Mengatasi Busuk Batang Vanili, semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan bermanfaat untuk Anda.

Untuk membeli bibit tanaman vanili ataupun perlengkapan pertanian lainnya, silakan kunjungi SentraTani.com.

Referensi: Channel Youtube RUSLAN SAJANG

Bacaan Terkait